Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat, PKS, PAN Resmi Usung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu

Kompas.com - 24/11/2017, 12:00 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Demokrat, PKS dan PAN telah mencapai kesepakatan untuk mengusung pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk diusung dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

Kesepakatan tersebut telah diikat secara resmi melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara tiga partai dan pasangan bakal calon di Bandung, Jumat (24/11/2017) dini hari.

“Alhamdulillah, proses pelengkapan dukungan formal untuk pasangan H Deddy Mizwar dan H Ahmad Syaikhu berhasil dituntaskan. Pimpinan puncak tiga partai di Jawa Barat, yaitu Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional resmi menandatangani MoU Pengusungan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dalam Pemilihan Kepala Daerah 2018 yang akan datang, “ kata Pjs Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Barat, Nur Supriyanto melalui rilis yang diterima Kompas.com, Jumat pagi.

Supriyanto menambahkan, dalam pertemuan tersebut memang sempat ada opsi untuk mencari pendamping lain Deddy Mizwar yang berasal dari kader PAN.

Baca juga : Kalau Gerindra Mau Gabung Wajib Dukung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu

Namun demikian, karena PAN mengajukan dukungan tanpa syarat dan Deddy Mizwar sudah menyatakan klop dengan Ahmad Syaikhu, maka kesepakatan untuk mengusung pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu sudah bulat dari semua pihak.

“MoU ketiga partai tersebut mencerminkan dukungan bulat kepada Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu,” imbuhnya.

Supriyanto mengatakan, kesepakatan tersebut menjadi momen bersejarah yang menentukan arah pembangunan Jawa Barat 5 tahun ke depan.

“Demiz-Syaikhu adalah pasangan pertama peserta Pilgub Jabar yang definitif, dengan total dukungan 28 kursi,” ujarnya.

Supriyanto menambahkan, koalisi pengusung Deddy Mizwar -Ahmad Syaikhu masih membuka komunikasi dengan partai-partai lain.

“Tentu kita tidak cukup hanya dengan Demokrat, PKS dan PAN. Selanjutnya, kami terbuka dan mengajak partai-partai lain bergabung dalam barisan yang melanjutkan keberhasilan pembangunan yang sudah ditorehkan pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar sebagai gubernur dan wakil gubernur Jabar 2013-2018,” tandasnya.

Baca juga : Partai Demokrat Ikut PKS Usung Pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu

Dihubungi terpisah, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Irfan Suryanegara mengatakan, pihaknya sudah sepakat mengusung kadernya, Deddy Mizwar untuk berpasangan dengan Ahmad Syaikhu selaku kader PKS.

“Seremonialnya tinggal tunggu waktu yang pas,” tutupnya.

Kompas TV Pilgub 2018 Jatim dan Jabar mulai ramai dukungan partai-partai
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com