Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Bengkulu Terendam Banjir

Kompas.com - 23/11/2017, 20:51 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Ratusan rumah yang terletak di lima kecamatan di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, terendam banjir akibat hujan deras sepanjang malam mengakibatkan meluapnya Sungai Kotok, Kamis (23/11/2017).

Lima kecamatan yang terendam banjir itu yakni Lebong Utara, Amen, Lebong Tengah, Bingin Kuning, dan Uram Jaya. Arafik Tresno, salah seorang warga Desa Tunggang, Kecamatan Lebong Utara, menyebutkan, selain merendam tidak kurang dari 50 rumah warga, banjir juga merusak dua jembatan gantung.

"Di Kecamatan Lebong Utara terdapat tidak kurang dari 50 rumah warga terendam banjir, serta dua jembatan gantung hanyut tersapu banjir," jelas Arafik.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini belum terlihat dapur umum atau posko yang dapat menampung para pengungsi akibat bencana banjir.

Menurut Arafik, sebagian warga telah kembali ke rumah karena pasang sudah mulai surut, sedangkan sebagian lainnya terpaksa menginap di rumah sanak famili yang tidak terkena banjir.

"Saat ini banjir telah surut, tetapi beberapa rumah masih terendam. Saat ini hujan sudah berhenti, tetapi bila hujan turun lagi maka dikhawatirkan banjir akan datang lagi, makanya warga masih ada yang mengungsi," tambah dia.

Baca juga: Kendal Diguyur Hujan Semalaman, Halaman Kantor Bupati Terendam Banjir

Menurut Arafik, meski hujan telah lama berhenti, luapan air sungai tidak serta-merta surut. Banjir kali ini merupakan banjir terparah sejak tahun 1995 yang pernah menerjang kawasan itu.

Hingga saat ini, Kompas.com berusaha menghubungi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong.

Kompas TV Banjir yang menggenangi ratusan rumah warga berangsur surut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com