Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Terima Hibah 1.500 Keris dari Kemendikbud

Kompas.com - 23/11/2017, 14:47 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah menerima hibah 1.500 keris dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hibah pusaka keris tersebut diterima Pemkot Solo melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud.

"Ada 1.500 keris yang dihibahkan Kemendikbud kepada Pemkot Solo sebagai koleksi di Museum Keris," ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo seusai membuka dialog budaya dengan tema "Keris sebagai Warisan Dunia dalam Aktualisasi Kekinian" di Solo, Kamis (23/11/2017).

Pihaknya berharap, keris yang dihibahkan oleh Kemendikbud dapat segera diboyong ke Solo untuk menambah dan melengkapi koleksi keris yang ada di Museum Keris.

"Dalam waktu singkat, kalau bisa ya tidak perlu menunggu sampai akhir tahun keris yang dihibahkan itu bisa kita boyong semuanya ke Solo dan bisa dipamerkan di Museum Keris," jelas Rudy.

(Baca juga : Keris, Ageman Raja hingga Investasi )

Saat ini, museum yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menyimpan lebih dari 600 keris. Keris-keris tersebut berasal dari Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Aceh. Namun, sebagian besar keris koleksi Museum Keris berasal dari Jawa.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Kinkin Sultanul Hakim mengungkapkan, tidak semua koleksi keris dipamerkan di Museum Keris. Keris tersebut dipamerkan secara bergantian agar pengunjung tidak cepat bosan. 

"Jadi pengunjung yang datang kedua kalinya akan melihat sesuatu yang berbeda. Sehingga mereka bisa melihat koleksi keris yang baru dan tidak mudah bosan untuk berkunjung ke Museum Keris," pungkasnya. 

Kompas TV Nuansa Adat Hiasi Sidang Tahunan MPR 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com