Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Buka Munas NU di Mataram

Kompas.com - 23/11/2017, 14:38 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar Alim Ulama Nahdlatul Ulama (NU) di Islamic Center NTB, Mataram, Kamis (23/11/2017) siang.

Kehadiran Jokowi disambut ribuan santri NU dari lima pondok pesantren NU seperti Ponpes Darul Hikmah, Darul Quran, Darul Fallah, Nurul Islam, dan Ponpes Al Halimi serta undangan dari berbagai daerah dengan total 5.000 orang.

Pembacaan shalawat badar menggema saat pembukaan Munas NU berlangsung. Merdunya lantunan ayat suci Al Quran dibacakan oleh qori terbaik yang adalah penyandang disabilitas.

(Baca juga : Ditanya soal Pilkada Jatim, Khofifah Ungkap Pesan Jokowi )

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (kanan), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kedua kanan), Ketua PBNU KH Said Agil Siroj (ketiga kiri) dan Ketua MUI KH Maruf Amin (tengah) memukul Gendang Beleq secara bersama-sama saat membuka Munas Alim Ulama dan Konbes Nahdlatul Ulama di Islamic Center NTB di Mataram, Kamis (23/11). Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama yang berlangsung hingga 26 November 2017 itu dihadiri oleh 1.000 ulama se-Indonesia yang bertema Memperkokoh Nilai Kebangsaan melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww/17.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (kanan), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kedua kanan), Ketua PBNU KH Said Agil Siroj (ketiga kiri) dan Ketua MUI KH Maruf Amin (tengah) memukul Gendang Beleq secara bersama-sama saat membuka Munas Alim Ulama dan Konbes Nahdlatul Ulama di Islamic Center NTB di Mataram, Kamis (23/11). Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama yang berlangsung hingga 26 November 2017 itu dihadiri oleh 1.000 ulama se-Indonesia yang bertema Memperkokoh Nilai Kebangsaan melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww/17.
Munas NU dan Konferensi Besar Alim Ulama NU kali ini bertemakan 'Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga'. Salah satu topik yang juga akan dibahas adalah tentang penyandang disabilitas di Indonesia.

"Dalam Munas nanti juga akan dibicarakan masalah saudara-saudara kita penyandang disabilitas," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang merupakan kader NU.

Selain Jokowi, sejumlah menteri, dan pejabat tinggi negara juga menghadiri Munas NU di Pulau Seribu Masjid ini.

Presiden RI Joko Widodo usai membuka Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar Alim Ulama Nahdlatul Ulama di Islamic Center Mataram, Kamis (23/11/2017).KOMPAS.com/Fitri Rachmawati Presiden RI Joko Widodo usai membuka Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar Alim Ulama Nahdlatul Ulama di Islamic Center Mataram, Kamis (23/11/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com