Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tumbang, Jalan Penghubung Salatiga-Grobogan Longsor 15 Meter

Kompas.com - 22/11/2017, 19:51 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Sebuah pohon berukuran cukup besar tumbang di Jalan Raya Bringin, tepatnya di Desa Karanglo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Rabu (22/11/2017) petang, tumbang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akses jalan penghubung Kabupaten Semarang dengan Kedungjati, Kabupaten Grobogan terganggu.

"Begitu dapat laporan kami langsung ke lokasi, karena jalur ini sangat vital," kata Ketua BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto melalui sambungan telepon.

Heru mengungkapkan, pohon yang tumbang berdiameter cukup besar. Akarnya sudah menjalar di bawah badan jalan, sehingga saat pohon romboh, hampir separuh badan jalan ikut rusak dan longsor mengikuti arah rebahan pohon tersebut.

(Baca juga : Gara-gara Pohon Tumbang di Sekupang Batam, Antrean Kendaraan Capai 2 Km)

Beruntung arah tumbangnya pohon itu tidak ke jalan. "Panjang jalan yang longsor 15 meter lebarnya 4 meter dengan kedalaman 2 meter. Sedikit mengganggu arus lalu lintas," ujarnya.

Lantaran status jalan tersebut jalan provinsi, pihaknya telah meminta DPU Provinsi Jawa Tengah melalui Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Provinsi Jawa Tengah untuk segera memperbaiki.

Polsek Bringin juga memasang garis polisi di lokasi. Ini dilakukan agar tidak ada pengendara yang terperosok atau mengalami kecelakaan. 

"Kita mohon penanganan dari DPU Provinsi, sementara sudah kita beri pembatas jalan," jelasnya.

(Baca juga : Hindari Pohon Tumbang, Warga yang Punya Pohon Tua di Halaman Rumah Bisa Lapor ke Dinas Kehutanan)

Batang pohon itu sendiri untuk sementara dibiarkan teronggok di pinggir jalan. Petugas urung memotong lantaran kondisi cuaca masih hujan deras.

"Pohon besar mau kita potong takutnya malah jatuh menutup sungai. Kalau penerangan tidak masalah, kebetulan di bawah lampu jalan," tutupnya.

Kompas TV Hujan deras disertai angin kencang melanda Jakarta, Senin (13/11).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com