Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Meletus, PVMBG Minta Wisatawan Tak Nekat Mendaki

Kompas.com - 21/11/2017, 20:27 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Gunung Agung akhirnya meletus pada Selasa (21/11/2017) pukul 17.05 Wita setelah mengalami krisis selama kurang lebih dua bulan. Gunung tersebut mengeluarkan asap dan abu vulkanik setinggi 600 meter.

Dengan kondisi tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau wisatawan dan warga tidak beraktivitas di radius bahaya. Apalagi sampai mendaki ke puncak gunung.

Zona bahaya meliputi seluruh area di dalam radius 6 km dari puncak dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan- Baratdaya sejauh 7,5 kilometer.

"Masyarakat di sekitar gunung, pendaki, dan wisatawan tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya," kepala PVMBG Kasbani melalui siaran pers pada Selasa (21/11/2017).

(Baca juga : Gunung Agung Meletus, Warga Diimbau Tetap Tenang)

KOMPAS Gunung Agung Meletus
Menurutnya, perkiraan zona bahaya dapat diubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan Gunung Agung paling aktual atau terbaru. Selain itu, PVMBG mengimbau agar warga dan wisatawan tidak terpengaruh informasi menyesatkan (hoax).

"Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Bali, tidak menyebarkan berita bohong (hoax) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Agung yang tidak jelas sumbernya," kata Kasbani. 

Kompas TV Setelah sempat berstatus awas selama 38 hari, Minggu (29/10/2017) status Gunung Agung diturunkan ke level siaga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com