Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba-tiba Tumbuh di Halaman Rumah, Bunga Bangkai Ini Jadi "Primadona"

Kompas.com - 21/11/2017, 19:57 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Halaman rumah Sujiroh (42), warga RT 6 RW 2 Desa Brobot, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2017), mendadak dibanjiri pengunjung.

Tanah yang selama ini tak terawat baru-baru ini ternyata ditumbuhi bunga bangkai (Amorphophallus titanum). Pemilik tanah mengaku menyadari keberadaan bunga raksasa itu karena bau busuk yang ditimbulkan sejak Senin (20/11/2017) malam.

Baru pada Selasa (21/11/2017), Sujirah terkejut melihat bunga bangkai itu muncul secara misterus dalam kondisi mekar dan berwarna mencolok.

Bunga ini memiliki daun berwarna coklat muda dipadukan bagian atas coklat tua, sementara di bagian dalam dipenuhi bintik- bintik putih. Tingginya sekitar 50 sentimeter dengan diameter sekitar 45 sentimeter.

“Saya malah tidak mengira ada bunga seperti itu. Ini baru pertama kalinya. Saya juga hanya tahu namanya bunga bangkai dari anak saya,” katanya saat ditemui, Selasa (21/11/2017).

(Baca juga: Bunga Bangkai Ditemukan di Cagar Alam Riau, Diklaim Tertinggi di Dunia)

Kabar keberadaan bunga aneh ini pun cepat menyebar dan menyedot perhatian warga. Putrinya, Mery, beberapa kali memakai bunga itu untuk latarbelakang swafoto anak- anak.

“Kakak saya, mba Septi juga mengunggahnya di Facebook. Hingga semua tahu dan mencarinya. Saya tidak tahu sampai kapan akan terus bisa dilihat,” kata pelajar ini.

Hingga sore ini, bunga itu dibiarkan dilihat dan menjadi daya tarik remaja dan anak-anak. Mereka ada yang datang sekedar penasaran dan melihat serta memfotonya. Ada juga yang melihat sembari berswafoto ria.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com