Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kusir Sado Kirab Kahiyang-Bobby Ingin Sekaligus Promosikan Berastagi

Kompas.com - 21/11/2017, 19:47 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Tujuh kereta kencana asli dari Solo akan menjadi kendaraan Presiden Joko Widodo dan istrinya, Kahiyang Ayu Siregar dan suaminya Muhammad Bobby Afif Nasution, serta anggota keluarga lainnya.

Tujuh kereta kencana tersebut akan melintasi Jalan Ringroad, tepatnya mulai dari Medan International Convention Center (MICC) di Jalan Gagak Hitam, Ringroad Medan, sampai rumah orangtua Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR), Taman Setia Budi Indah, Medan. Jaraknya sekitar dua kilometer.

Kirab budaya acara puncak dan penutupan Manopot Horja atau Ngunduh Mantu tidak hanya dimeriahkan kereta asal Solo, tetapi ada juga 15 sado yang didatangkan dari Kota Berastagi, puluhan becak bermotor, ratusan personel gabungan TNI dan Polri, dan ribuan Relawan Jokowi. Para personel gabungan dan relawan akan berjalan kaki sambil mengenakan pakaian adat masing-masing.

"Kahiyang dan Bobby akan menaiki kereta kencana. Acara pernikahan ini kaya budaya. Sangat membahagiakan ada penampilan adat budaya. Budaya bangsa harus ditampilkan,” kata Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw seusai meninjau pelaksanaan simulasi kirab, Selasa (21/11/2017).

Baca juga: Kahiyang dan Bobby Bakal Naik Kereta Kencana, Para Menteri Naik Becak Hias

Salah seorang kusir sado, Sarto Sembiring, mengatakan, dia merasa senang dan bangga bisa ikut di acara putri Presiden. Selain menjadi peserta kirab, Santo akan mempromosikan Berastagi sebagai salah satu lokasi wisata di Sumatera Utara yang layak dikunjungi. 

"Bukan cuma ikut kirab saja, aku juga mau promosikan sado Berastagi. Biar makin terkenal daerah kami, ada Gunung Sinabung juga di sana," kata Santo. 

Ke-15 sado tersebut, lanjut dia, terdiri dari 15 ekor kuda betina, sisanya kuda jantan. Saat ditanya upah yang akan didapatnya, Santo menjawab dengan tersenyum. Namun, dia mengaku yang mengajak mereka adalah pihak keluarga.

"Tapi enggak ada ngomong soal upah. Kalau di Berastagi, dalam sehari kami bisa dapat Rp 500.000 sampai Rp 700.000 tiap hari," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, 10.000 Relawan Jokowi akan menghadiri resepsi Kahiyang dan Bobby pada 26 November 2017. Ketua Panitia Relawan Jokowi, Rudi Hartawan Tampubolon, mengatakan, para relawan akan dibagi menjadi dua kelompok.

Kompas TV Mobil golf bermotif ulos Tapanuli yang akan menjadi kendaraan yang mengangkut Presiden Joko Widodo dan istrinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com