Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Meletus, Warga Diimbau Tetap Tenang

Kompas.com - 21/11/2017, 18:54 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.comGunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, meletus sejak Selasa (21/11/2017) pukul 17.05 Wita. Letusan masih terus berlangsung.

Dari puncak gunung terlihat semburan  asap kelabu dan abu tipis setinggi kurang lebih 500-700 meter yang tertiup angin ke arah timur dan tenggara.

Menghadapi situasi ini, warga dihimbau  tetap tenang dan mengikuti semua rekomendasi Pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Warga diimbau tidak panik dan mengikuti petunjuk dari petugas," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (21/11/2017) sore.

(Baca juga: Gunung Agung Meletus, Asap dan Abu Membubung Setinggi 600 Meter)

Terutama warga, wisatawan, dan pendaki diimbau untuk tidak beraktivitas pada zona bahaya di radius 6 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah utara-timur laut dan tenggara-selatan-barat daya sejauh 7,5 km.

"Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan akan dievaluasi bahkan bisa diubah sewaktu-waktu sesuai kondisi Gunung Agung," kata Sutopo.

Kompas TV Setelah status Gunung Agung diturunkan menjadi level siaga, warga yang tinggal di pengungsian diperbolehkan kembali ke kampung halaman masing-masing.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com