Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kahiyang dan Bobby Bakal Naik Kereta Kencana, Para Menteri Naik Becak Hias

Kompas.com - 21/11/2017, 16:53 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Medan International Convention Center (MICC) di Jalan Gagak Hitam, Ringroad Medan, mendadak ramai. Semalam, digelar rapat kirab menggunakan tujuh kereta kencana yang didatangkan langsung dari Solo.

Rapat ini dipimpin Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dihadiri Eldin dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumantri.

Rute kirab berubah dari sebelumnya Hotel Adi Mulia Medan ke rumah orangtua Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR), Taman Setia Budi Indah Medan, menjadi MICC ke Perumahan BHR, Taman Setia Budi Indah Medan. Jaraknya 2 km.

"Rencananya dari MICC, keluarga pengantin akan melaksanakan kirab menggunakan kereta kencana menuju rumah Bobby. Diramaikan parade becak motor hias dan delman, juga pagelaran etnis pariwisata yang disiapkan Dinas Pariwisata Kota Medan," kata Pratikno, Selasa (21/11/2017).

(Baca juga: Bergaun Biru Langit, Kahiyang Cantik bak Putri Raja)

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri meninjau pelaksanaan simulasi atau gladikotor. Paulus pun ikut dalam rombongan dengan menaiki salah satu delman.

Kasat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Zulfikar juga naik delman, dia memerankan diri menjadi Presiden.

"Kahiyang dan Bobby akan menaiki kereta kencana. Acara ini kaya budaya Sumatera Utara. Sangat membahagiakan ada penampilan adat budaya. Budaya bangsa harus ditampilkan,” kata Paulus di acara pemberian marga Kahiyang.

(Baca juga: Jalani Acara Pemberian Marga, Kahiyang Sah Jadi Boru Siregar)

Personel TNI dan Polri menjadi peserta kirab budaya menggunakan pakaian adat. Rencananya, 200 polisi wanita yang jadi peserta.

"Saya harap masyarakat dapat bekerja sama dengan polisi. Apalagi ada pengalihan arus lalu lintas. Tapi rekayasa arus lalu lintas cuma sebentar. Saya dan Pangdam sudah mengatur keamanan, untuk acara pemberian marga kami kerahkan 300 personel gabungan,” katanya.

Pihak kepolisian, lanjut Paulus, mengatur keamanan pada ring ketiga. Kemudian beberapa polwan mengenakan batik akan menjaga keamanan di pintu masuk kediaman keluarga Bobby.

Sementara itu, paman Bobby, Erwan Nasution mengatakan, becak motor berhias akan dinaiki para menteri. Dia mengatakan, banyak menteri diperkirakan hadir pada puncak acara Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby.

"Menteri-menteri akan naik becak, mengiringi kereta kencana. Kemungkinan semua menteri akan hadir," kata Erwan.

 

 

Kompas TV Mobil golf bermotif ulos Tapanuli yang akan menjadi kendaraan yang mengangkut Presiden Joko Widodo dan istrinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com