Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Panusunan Bulung Diminta Berikan Marga Siregar kepada Jokowi

Kompas.com - 21/11/2017, 16:45 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar, Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menasehati Kahiyang Ayu yang baru saja resmi menjadi Boru Siregar lewat prosesi adat Mangalehan Marga.

Erry memulai nasehatnya dengan ungkapan rasa bangga dan senang atas kehadiran raja-raja di Medan.

“Seluruh raja-raja ada yang hadir di sidang adat, khususnya keluarga besar Bapak Almarhum Erwin Nasution. Kami merasa senang dan bangga atas kehadirannya. Hadir dari berbagai daerah, termasuk Mora, Kahanggi, dan Anak Boru,” ujar Erry, Selasa (21/11/2017).

Sebagai putra Melayu, dirinya dianggap bagian dari keluarga besar Siregar. Dia turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung Siregar merestui putri Presiden Joko Widodo memakai marga Siregar.

“Kami dari Raja Sipirok turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung dapat merestui dengan setulus hati. Kami juga berharap setelah menjadi Boru Siregar, putri kami Kahiyang dapat menjiwainya. Mudah-mudahan juga akan mencintai Sumatera Utara dan kita semuanya,” ucapnya.

(Baca juga : Jalani Acara Pemberian Marga, Kahiyang Sah Jadi Boru Siregar)

Dia lalu mendoakan keduanya menjadi keluarga yang rukun, sakinah, mawaddah, warahmah dan diridhai Allah SWT.

"Sekarang Kahiyang sudah menjadi bagian dari keluarga besar warga Sumatera Utara, ini sangat membanggakan," kata Erry.

Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu tiba di rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Medan.KOMPAS.com/Mei Leandha Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu tiba di rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Medan.
Selain dirinya, raja-raja yang datang mewakili marga Hasibuan, Harahap, Dalimunte, Nasution, Rangkuti, Siregar, juga mengucapkan hal senada. Mereka mengaku tidak keberatan dan mendukung pemberian marga Siregar kepada Kahiyang.

“Kami sampaikan kepada Raja Panusunan Bulung, agar Bapak Joko Widodo juga diberikan Marga Siregar," ucapnya.

"Karena wajar dan otomatis ayahanda Kahiyang diberikan Siregar walaupun saat ini beliau tidak hadir. Itu biasa kita lakukan, sepanjang adat. Saya atas nama marga Harahap mengusulkan agar Kahiyang dan Pak Jokowi diberi marga Siregar,” kata Chairuman Harahap mewakili marganya.

(Baca juga : Bergaun Biru Langit, Kahiyang Cantik bak Putri Raja )

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang hadir dalam prosesi adat terlihat mendampingi Bobby. Dia bertindak sebagai perwakilan keluarga bersama Erwan Nasution, adik kandung almarhum ayahanda Bobby.

“Karena ibunya Bobby itu boru Siregar, jadi keluarga Nasution datang ke rumah Siregar meminta supaya diberi marga Siregar kepada Kahiyang. Mudah-mudahan membawa berkah dan membawa kehormatan. Tugas Bobby, ajarilah adat kepada istrimu,” sebut Darmin.

Usai dinobatkan menjadi Kahiyang Ayu Siregar, putri Presiden Jokowi ini diarak menuju halaman rumah untuk dilakukan prosesi adat upah-upah diiringi tortor persembahan raja-raja adat Mandailing termasuk Raja Panusunan Bulung Siregar.

Selanjutnya, kedua pasangan suami istri itu diantar menuju mobil untuk dilepas menuju kediaman marga Nasution. Acara ini disaksikan ratusan undangan dan warga sekitar yang sudah menyesaki lokasi acara sejak pagi.

Kompas TV Mobil golf bermotif ulos Tapanuli yang akan menjadi kendaraan yang mengangkut Presiden Joko Widodo dan istrinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com