Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undangan Adat Kahiyang-Bobby Berbalut Motif Ulos Khusus

Kompas.com - 21/11/2017, 06:45 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis


MEDAN, KOMPAS.com - Sebanyak 2.500 undangan disebar pihak keluarga Muhammad Bobby Afif Nasution untuk menghadiri acara Manopot Horja atau Ngunduh Mantu mulai 24 sampai 26 November 2017 di Bukit Hijau Regency (BHR) Setiabudi Indah, Medan. Sekitar 2.000 undangan diberikan kepada tamu umum, sisanya untuk tamu VIP.

Hal yang unik dari undangan itu adalah dikonsep sendiri oleh pihak keluarga dan sangat berciri khas etnis Mandailing dengan dominasi warna merah dan hitam. Di bagian depan terdapat gambar bulang atau topi pengantin khas Mandailing.

Ornamen ulos menghiasi undangan sehingga tampak makin istimewa. Rupanya, motif ulos tersebut diambil dari ulos peninggalan almarhum ayahanda Bobby, Erwin Nasution.

"Motif ulosnya diambil dari ulos milik almarhum Pak Erwin. Dibawa kemari, kami capture, terus dicetak. Ini permintaan keluarga," kata Oky (36), pemilik Inti Grafika di Jalan Garuda, Seikambing Nomor 27, Medan, Senin (20/11/2017).

Dia mengaku yang bertanggung jawab mencetak undangan pernikahan Bobby-Kahiyang. Sepanjang membuka usaha percetakan, ujar Oky, baru kali ini undangan bermotif ulos yang ulosnya dibawa sendiri pemesan. Biasanya, motif ulos sudah disiapkan oleh pihaknya.

"Hiasan kain ulos juga ada di bagian isi undangan. Untuk undangan acara adat, semua redaksinya menggunakan bahasa Mandailing," ungkap dia.

Baca juga: Kendaraan Presiden Jokowi untuk Ngunduh Mantu Bermotif Ulos

Kertas yang digunakan adalah kertas karton dan kertas tik yang pada bagian depan dilapisi hot foil emas. Dicetak timbul dengan background warna krem. Sedangkan, undangan resepsi berwarna maroon dengan bahan beludru.

"Undangan untuk resepsi juga dihiasi kain ikat bermotif ulos yang sama dengan undangan adat. Kertas tik kami pakai, dilaminating kilat. Semuanya pakai bahasa Indonesia, tidak ada bahasa Inggris seperti di Solo," kata Oky.

Bagian terpenting dari undangan ini adalah kartu kehadiran, sesuai permintaan keluarga. Menurut dia, kartu kehadiran ini lebih penting dibawa saat undangan. Untuk mengerjakan semua undangan tersebut, Oky menghabiskan waktu lima bulan.

"Kami terima pesanan cetak undangan sebanyak 2.500-an, tapi ada beberapa tambahan dari keluarga. Setiap undangan untuk dua orang," ungkap dia.

Oky mengatakan bersyukur dipercaya membuat undangan untuk menantu Presiden Jokowi. Dia mengaku sudah mengenal keluarga Bobby karena satu arisan. Menurut dia, undangan yang dipesan sangat sederhana untuk sekelas menantu Presiden.

"Karena tidak ada yang khusus bahannya. Ini undangan sederhana, harganya relatif murah. Bukan yang termahal di sini. Yang buat beda cuma bagian ulosnya saja," kata Oky.

Adapun petugas desain undangan, Latifah (20), mengaku bangga bisa berkontribusi dalam pesta besar ini. Latifah mengaku, meski harus mengganti lima kali konsep agar mendapatkan undangan yang sempurna, dia tetap bersemangat mengerjakannya dan berujung kebanggaan.

"Pengalaman pertama, rasanya spesial. Ini prestasi sendiri buat saya karena baru berapa bulan kerja di sini," kata Latifah.

Kompas TV Kedua jenis undangan ini memiliki motif ulos yang tercetak di undangan adat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com