Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ogah Sentuh Dana Sumbangan Relawan

Kompas.com - 20/11/2017, 16:05 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan, dirinya tak turut campur dalam tata kelola dana sumbangan masyarakat yang digalang relawan Jabar Juara.

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, aksi galang dana itu dilakukan oleh relawannya yang akan digunakan untuk keperluan sosialisasi jelang Pilkada Jabar 2018.

"Kan saya gak nerima. Saya tadi bilang itu namanya sumbangan bukan buat Ridwan Kamil, itu buat relawan. Relawannya saya itu ada 12," ucap Emil saat ditemui di Kantor PD Kebersihan Kota Bandung, Jalan Surapati, Senin (20/11/2017).

Terkait aksi galang dana itu, Emil mengaku telah berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasil konsultasi itu menyatakan, aksi galang dana oleh relawan diperbolehkan selama dana tersebut tak ia terima langsung.

"Saya sudah konsultasi ke KPK, KPK menyatakan tidak boleh menerima langsung, makanya saya tidak pernah menerima, gak ada aliran ke saya," ujarnya.

(Baca juga : Ridwan Kamil: Saya Mohon Pamit 50 Hari Akan Cuti)

Pada intinya, sambung Emil, dana itu digalang, dikelola, dan dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan logistik relawan. Transparansi penggunaan dana pun jadi tanggung jawab penuh oleh relawan.

"Itu mah dari relawan, relawan butuh logistik, meminta kepada masyarakat, ya dibelanjakan oleh mereka sendiri, lalu nanti dilaporkan kepada penyumbang oleh mereka sendiri," tuturnya.

"Saya mah hanya ngeceng (mengamati) dari jauh elektabilitas naik atau turun, gitu saja. Jadi tidak ada dan tidak boleh langsung berhubungan dengan saya," jelasnya.

‎Relawan Jabar Juara melakukan launching sekaligus ‎sosialisasi Udunan Warga di arena Car Free Day Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). ‎Dalam kurun waktu 3 jam, pengumpulan dana urunan itu mencapai angka  Rp. 60.000.000‎.KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. ‎Relawan Jabar Juara melakukan launching sekaligus ‎sosialisasi Udunan Warga di arena Car Free Day Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). ‎Dalam kurun waktu 3 jam, pengumpulan dana urunan itu mencapai angka  Rp. 60.000.000‎.
Diberitakan sebelumnya, Relawan Jabar Juara melakukan launching sekaligus sosialisasi Udunan Warga di arena Car Free Day Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). Dalam waktu 3 jam, pengumpulan dana urunan itu mencapai Rp 60 juta.

Udunan Warga merupakan program Relawan Jabar Juara untuk mencari donasi dari masyarakat untuk kampanye dengan konsep ‘dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat’.

(Baca juga : Persiapan Cuti Kampanye, Ridwan Kamil Cari Rumah Kontrakan )

Udunan warga digagas didasari kebutuhan pendanaan kampanye dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 yang sangat besar, khususnya untuk kebutuhan sosialisasi bakal calon Gubernur Ridwan Kamil.

Sunarti Daruskasan (51), warga Cikutra, Kota Bandung, menjadi donatur pertama.

Dalam Udunan Warga, wanita yang bekerja sebagai penjual cermin mosaik ini mentransfer Rp 50.000 ke rekening Udunan Warga sebagai bentuk dukungan kepada Ridwan Kamil, kandidat bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Sunarti pun berhak mendapatkan satu kaus bertanda tangan pria yang akrab disapa Emil tersebut.

"Karena saya sebagai warga Kota Bandung sangat mendukung Kang Emil. Sosok beliau inspirasi kerja nyata. Jadi saya sangat berharap beliau jadi gubernur dan setulus hati mendoakannya," kata Sunarti saat ditemui seusai pemberian donasi, Minggu pagi.

Sunarti berharap, dengan donasi dari masyarakat, modal finansial untuk kampanye Ridwan Kamil ke seluruh daerah di Jawa Barat dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 bisa terbantu. 

Kompas TV Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, yang akan maju di pemilihan Gubernur Jawa Barat, memastikan tidak akan menerima bantuan dana apapun untuk kampanye pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com