Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika 10 Polwan Cantik Cabuti Paku di Pohon Pinggir Jalan Solo

Kompas.com - 20/11/2017, 14:07 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Menjelang Hari Pohon Sedunia, 10 polisi wanita cantik Polresta Surakarta melakukan aksi menarik di Jalan Menteri Supeno, Manahan, Kota Solo, Senin (20/11/2017) siang.

Mengenakan seragam kepolisian, sepuluh polwan mengayuh sepeda gunung dari Mapolresta Solo menuju Jalan Supeno, tepatnya di depan kolam renang Manahan Solo.

Tak hanya bersepeda, para polwan juga membawa peralatan untuk mencabut paku yang ditaruh di dalam kotak. Mereka membawa peralatan, mulai dari tang hingga obeng.

Setibanya di Jalan Supeno, para polwan mencabut satu per satu paku yang menancap di pohon mahoni. Rata-rata paku yang dicabut bekas digunakan untuk menempelkan reklame.

"Memperingati Hari Pohon sedunia kami menggelar cabut paku yang menancap di pohon sepanjang Jalan Supeno, Manahan. Pencabutan paku ini bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian lingkungan," ujar Panit Bimas Polsek Banjarsari, Polresta Surakarta, Ipda Kartini kepada wartawan, Senin (20/11/2017) siang.

Kartini berharap, pencabutan paku dapat menjadi teladan bagi warga untuk menyayangi pohon. Sebab, keberadaan pepohonan di lingkungan bermanfaat banyak bagi warga.

"Kami juga meminta warga tidak lagi menyakiti pohon. Sayangi pohon agar menghijaukan lingkungan," kata Kartini.

Baca juga : Berangkat Sekolah Tanpa Helm, Siap-siap Diantar Polwan Cantik

Lain halnya dengan Kartini, Brigpol Titis, anggota Pamobvit Polresta Surakarta mengalami kesulitan mencabut paku karena kondisinya sudah berkarat dan lama tertancap di pohon.

"Pakunya susah dicabut karena lama sudah menempel dan berkarat. Tapi alhamdulillah akhirnya bisa dicabut," kata Titis.

Ia meminta para pedagang menyayangi pohon lantaran pohon sebagai tempat berteduh dari terik panasnya matahari. Selain itu, tanpa adanya paku di pohon, Kota Solo terlihat hijau dan indah.

Baca juga : Dokter Keluarkan 600 Batang Paku dari Dalam Perut Pria Ini

Kompas TV Waspada Ranjau Paku di Ban Mobil

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com