Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBS Gelar Unjuk Keterampilan dalam Kampanye Pelestarian Gajah Sumatera

Kompas.com - 19/11/2017, 22:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Sekelompok gajah sumatera menunjukkan keterampilannya kepada pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (19/11/2017). Gonzales dan rekan-rekannya beraksi dari mengangkat kaki, duduk, berguling, hingga mengangkat belalai.

Sebanyak empat gajah sumatera koleksi KBS itu tampak cantik dengan aksesori penutup kepala dan kain penutup tubuh berwarna merah. Ratusan penonton sontak bertepuk tangan saat gajah-gajah tersebut beraksi di bawah instruksi Mahout atau instruktur gajah yang mendampingi.

Pertunjukan keterampilan gajah yang diperagakan Gonzales (6), Hilir (30), Lembang (39), dan Manis (40) itu digelar dalam rangka kampanye mencintai dan melestarikan gajah sumatera yang keberadaaannya saat ini mulai terancam. Pertunjukan itu bertajuk “Story of the Gentle Giant”.

Staf Humas KBS, Lely Widya Arishandi, mengatakan, saat ini gajah sumatera masuk daftar merah The International Union For Conservation of Nature (IUCN) sebagai spesies kritis.

"Karena itu, KBS mengajak berbagai pihak untuk peduli terhadap keberadaan gajah sumatera," katanya.

Aktivitas keseharian gajah sumatera, kata Lely, dirasa perlu dipertontonkan kepada masyarakat agar mereka tetap memiliki kepedulian dan pemahaman bahwa gajah sumatera tetep harus dijaga kelestariannya meskipun tidak banyak warga yang hidup di hutan dan melihat langsung aktivitas gajah.

"Kampanye ini tujuannya juga untuk memperkenalkan keanakaragaman hayati bumi Indonesia," ujar dia.

Adapun KBS mempunyai koleksi lima gajah sumatera. Selain Gonzales, Hilir, Lembang, dan Manis, juga ada Doa yang berusia 45 tahun.

Baca juga: Ada Kolam Renang, Risma Tolak Desain Baru Kebun Binatang Surabaya

Kompas TV Nah, bagaimana sensasinya tarik menarik dengan buaya?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com