Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gus Ipul : Tak Sepeser Pun Saya Keluarkan Uang untuk Rekomendasi PDI-P

Kompas.com - 19/11/2017, 15:04 WIB
Josephus Primus

Penulis

 

 

SURABAYA, KOMPAS.com  - Calon Gubernur Jatim yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menegaskan bahwa dirinya tidak sepeser pun mengeluarkan uang atas turunnya rekomendasi calon gubernur Jatim yang dikantonginya untuk maju di Pilkada Jatim 2018.

Penegasan itu disampaikan Gus Ipul di hadapan ribuan kader PDI-P Surabaya,  dalam Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) PDIP Surabaya, Sabtu (18/11/2017) malam. "Tidak ada sepeser pun uang yang saya keluarkan untuk PDIP," katanya.

Gus Ipul bukan hanya memuji PDI-P dalam hal mahar politik, namun juga soal mekanisme pemilihan calon gubernur yang akan diusung dalam pilkada. "Saya mengikuti semua mekanisme, dari pengambilan formulir, hingga tes kelayakan dari yang formal maupun non formal," ucapnya.

Lantas, PDI-P di mata Gus Ipul adalah partai yang memiliki komitmen kuat pada mekanisme yang dibuat. "Ada memang beberapa partai yang tidak konsisten dengan mekanisme yang dibuatnya sendiri. Di daerah masih berproses, lalu tiba-tiba diambil alih oleh pengurus pusat," jelasnya.

Perjodohannya dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas juga tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Gus Ipul. "Perjodohan politik saya dengan Mas Anas juga difasilitasi oleh PDI-P. Saya yakin ini sudah pertimbangan yang sangat matang," ucap Gus Ipul.

PDI-P pada Pilkada Jatim 2018 mengusung pasangan Gus Ipul - Azwar Anas. Selain diusung PDI-P, pasangan ini juga diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

PDI-P dan PKB adalah dua partai pemenang Pileg 2014 di Jatim. PDI-P memiliki 19 kursi di DPRD Jatim, sementara PKB memiliki 20 kursi. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com