Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jam, Dana Urunan Warga untuk Ridwan Kamil Terkumpul Rp 60 Juta

Kompas.com - 19/11/2017, 14:09 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Relawan Jabar Juara melakukan launching sekaligus sosialisasi Udunan Warga di arena Car Free Day Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). Dalam waktu 3 jam, pengumpulan dana urunan itu mencapai angka  Rp 60 juta.

Udunan Warga merupakan program Relawan Jabar Juara untuk mencari donasi dari masyarakat untuk kampanye dengan konsep ‘dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat’.

Udunan warga digagas didasari kebutuhan pendanaan kampanye dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 yang sangat besar, khususnya untuk kebutuhan sosialisasi bakal calon Gubernur Ridwan Kamil,

Sunarti Daruskasan (51), warga Cikutra, Kota Bandung, menjadi donatur pertama. Dalam Udunan Warga, wanita yang bekerja sebagai penjual cermin mosaik ini mentransfer Rp 50.000 ke rekening Udunan Warga sebagai bentuk dukungan kepada Ridwan Kamil kandidat bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Baca juga : Ridwan Kamil Sebut Dinamika Partai Golkar Tak Pengaruhi Elektabilitasnya

Sunarti pun berhak mendapatkan satu kaus bertanda tangan pria yang akrab disapa Emil tersebut. 

"Karena saya sebagai warga Kota Bandung sangat mendukung Kang Emil. Sosok beliau inspirasi kerja nyata. Jadi saya sangat berharap beliau jad gubernur dan setulus hati mendoakannya," kata Sunarti saa ditemui seusai pemberian donasi, Minggu pagi.

Sunarti berharap, dengan donasi dari masyarakat, modal finansial untuk kampanye Ridwan Kamil ke seluruh daerah di Jawa Barat dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 bisa terbantu. 

"Sangat positif, bermanfaat dan mudah-mudahan membantu meringankan proses ke depannya," ujarnya. 

Baca juga : Respons Ridwan Kamil terhadap Spanduk Dukungan dari Setya Novanto

Selain Sunarti, Arfi Rafnialdi juga ikut memberikan donasi lewat rekening Udunan Warga. Meski tidak mau menyebutkan jumlahnya, Arfi berharap beban ongkos politik Ridwan Kamil yang kini telah menyandang status sebagai bakal calon Gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2018 bisa terbantu. 

"Ini inisiatif baik dari Relawan Jabar Juara karena cost politik bukan hanya tanggung jawab kandidat, tapi warga bisa menjadi subjek perubahan demokrasi. Bisa sumbang pikiran tenaga serta dana. Ini hal positif tentunya," kata dia. 

Arfi menambahkan, dari sosok Ridwan Kamil yang diakui dekat dengannya sering terucap jika perubahan ke arah yang lebih baik tidak bisa dikerjakan sendiri. 

"Kampanye juga mencerdaskan warga mengetahui kriteria pemimpinnya itu secara transparan. Kalau mimpi besar enggak pernah bisa dikerjakan sendiri. Jadi harus bersama-sama. Sederhananya dalam bahasa grasroot ya udunan (urunan). Bahasa kerennya kolaborasi," ujarnya. 

Baca juga : DPD Golkar Jabar Akui Pasang Spanduk Dukungan Novanto ke Ridwan Kamil

Di tempat yang sama, Koordinator Lapangan Relawan Jabar Juara Mochammad Hanief membenarkan bahwa dalam waktu 3 jam telah terkumpul donasi sebesar Rp 60 juta lewat Udunan Warga. 

"Di kisaran Rp 60 juta dalam 3 jam. Tapi sepertinya bisa lebih. Antusiasme warga ternyata cukup tinggi di luar prediksi kita. Jadi hasilnya bisa dikatakan sangat menggembirakan," ucap Hanief. 

Hanief mengatakan pengumpulan donasi melalui Udunan Warga bakal terus dilakukan hingga saatnya tiba diberikan kepada Ridwan Kamil, pada saat pelaporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com