Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Lestari, Nama Anak Orangutan Pemberian Ridwan Kamil

Kompas.com - 19/11/2017, 11:41 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendapat kepercayaan dari pengelola Kebun Binatang Bandung untuk memberi nama seekor anak orangutanOrangutan yang lahir pada 23 September 2017 itu pun diberi nama Cinta Lestari.

Ridwan mengatakan, nama Cinta Lestari memiliki arti yang sama dengan cinta bisa melestarikan bumi ini.

"Ini adalah bayi orangutan, sudah lahir dua bulan lalu. Ini yang pertama di Kebun Binatang Bandung," ucap Ridwan, Sabtu (18/11/2017) kemarin.

"Oleh pengurus kebun binatang saya diberikan kepercayaan untuk memberi nama dan namanya Cinta Lestari artinya dengan cinta bisa melestarikan bumi ini," tambahnya.

Baca juga : Cerita Kami Menemukan Orangutan Tapanuli, Jenis Baru dan Terlangka

Di tempat yang sama, Ridwan juga mengikuti prosesi pelepasliaran 40 ekor burung Jalak Kerbau. Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, wilayah Kota Bandung merupakan wilayah yang ekologis dan cocok untuk ditempati oleh hewan khususnya burung.

"Kota Bandung ini wilayah yang ekologis, apalagi di kawasan Taman Sari yang udaranya lebih sejuk dan sering dihuni oleh beberapa burung. Maka dari itu kita lepaskan 40 burung untuk lebih beradaptasi dan mandiri dalam mencari makan," ujar Emil.

Ia juga sempat meresmikan kandang gajah. Secara keseluruhan, kata Emil, Kebun Binatang Bandung telah mengalami perbaikan yang cukup signifikan.

Baca juga : Warrior of Orangutan Jadi Kostum Indonesia di Ajang Miss Universe

Kepada pengelola Kebun Binatang, ia berpesan, jadikan kebun binatang lebih profesional, gunakan area tersebut menjadi area piknik untuk warga. Ia juga meminta agar pengelola bisa memanfaatkan sebaik mungkin lahan yang kosong menjadi area bermanfaat seperti taman bunga.

"Dengan tujuan demikian, insya Allah Kebun Binatang Bandung menjadi kebun binatang profesional. Jika hal tersebut hadir, maka tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan," jelasnya. (K106-15)

Kompas TV Satu jenis spesies baru orang utan ditemukan di Indonesia, kera besar asal Tapanuli ini berbeda dengan dua spesies orang utan asal Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com