Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolres: Setiap Hari, Ada 5 Motor di Karawang Dicuri Maling

Kompas.com - 18/11/2017, 15:34 WIB
Farida Farhan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Berdasarkan data yang dimiliki Polres Karawang, setiap hari, ada sekitar lima sepeda motor yang raib dibawa kabur maling. Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi menyatakan, pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) pun hanya membutuhkan waktu lima detik untuk melancarkan aksinya.

"Memang rata-rata di Karawang motor yang hilang ada lima," ujarnya ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu (18/11/2017).

Selain itu, para pelaku juga tak segan menggunakan senjata api (senpi) saat beraksi. Seperti beberapa waktu lalu, polisi terlibat baku tembak dengan J, pelaku curanmor asal Lampung.

J akhirnya tewas ditembak lantaran melawan menggunakan pistol jenis revolver. Semasa hidup, dia kerap beroperasi di wilayah Karawang dan Purwakarta dan memiliki target menggasak enam motor per hari.

Oleh karena itu, polisi meminta masyarakat waspada.

"Kami berupaya meningkatkan sinergitas dengan semua pihak untuk membangun sistem keamanan lingkungan yang baik," imbaunya.

Sementara itu, ada sekitar 80 kendaraan bermotor hasil tilang pada Operasi Zebra Lodaya 2017 yang belum diambil pemiliknya. Polisi akan melakukan penyelidikan apakah kendaraan-kendaraan tersebut merupakan hasil curian.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Arman Sahti, mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Karawang untuk melakukan penyelidikan. 

"Nanti akan dicek, termasuk rangka mesinnya, apakah kendaraan tersebut masuk dalam daftar blokir atau tidak," tuturnya.

"Kapolres mengunstruksikan itu," tambahnya.

Kasatreskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng mengatakan, 80 kendaraan tersebut kebanyakan menggunakan nomor bodong.

  "Betul. Kami tengah menyelidiki apakah ada kaitannya dengan tindak curanmor," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com