Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Dari Blog dan Vlog, Destinasi Wisata Bisa Dikenal Semua Orang

Kompas.com - 18/11/2017, 09:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin dunia wisata di wilayahnya dikampanyekan secara berkala oleh berbagai pihak.

Para pegiat media sosial baik blogger, vloger hingga jurnalis dari berbagai negara dan wilayah di Indonesia pun diminta mengkampanyekan acara dan destinasi pariwisata Jateng.

"Pengalaman berbicara di dunia (wisata) bahwa blog menceritakan dengan baik, vlog juga. Bagaimana di Lombok, ada anak muda menceritakan desa kecil melalui blog, tapi kini dikenal seluruh orang," ujarnya saat berdialog dengan pegiat media sosial di wisata Posong, di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jumat (17/11/2017) malam.

Pria berusia 49 tahun ini mengatakan, potensi pengenalan wisata via media sosial perlu terus dikembangkan.

Para pegiat media sosial dapat menceritakan pengalamannya berkunjung di spot wisata yang ada ada di Jawa Tengah. Ganjar yakin, promosi wisata yang gencar di media sosial bisa mendorong wisatawan datang ke suatu lokasi wisata.

"Desa (di Lombok) itu dikunjungi wisatawan dunia berbekal via media sosial. Jadi, virtual jadi alat komunikasi," paparnya.

(Baca juga : Pak Ganjar, Saya Minta Tolong Kecap dan Kompor...)

Selain itu, destinasi wisata di Posong, misalnya, lanjut dia, dibangun dengan unik. Tempat itu menawarkan wisata alam pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Destinasi wisata juga telah dikemas dengan kreatif di tengah kebun kopi.

Namun pengelolaan wisata di Posong belum berkembang dengan baik. Akses untuk ke lokasi Posong misalnya masih sulit dilalui, begitu juga dengan tiket masuk wisata.

Ganjar menyarankan agar pengelola wisata terus mengembangkan kreativitas. Wisata, lanjut dia, berkembang jika diikuti inovasi dari pengelolanya.

"Desa-desa ini sekarang mulai bangun wisata. Kalau semua bangun dan semua menjamur apa itu laku. Nah event kemudian penting untuk menarik wisatawan," ucapnya.

 

 

Kompas TV Tak kalah mau kalah populer, sejumlah lagu yang dinyanyikan Marv Jo jadi tren saat ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com