Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Ada Nama Cawagub dari Demokrat, Khofifah Tinggal Umumkan

Kompas.com - 16/11/2017, 19:32 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Demokrat Jawa Timur mengaku sudah memutuskan nama figur yang akan disandingkan dengan Khofifah Indar Parawansa pada Pilkada Jatim. Nama tersebut akan diumumkan sendiri oleh Khofifah dalam waktu dekat.

"Tinggal menunggu momentum saja, dalam waktu dekat akan langsung diumumkan Khofifah sendiri," kata Wakil Ketua Partai Demokrat Jatim Kuswanto seusai seminar Pilkada Jatim, Kamis (16/11/2017) di Surabaya.

Seperti yang diinginkan partai koalisi berdasarkan pertimbangan politik kawasan, kata Kuswanto, wakil Khofifah adalah figur representasi wilayah mataraman Jatim yang memiliki basis massa yang kuat dan berpengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sayangnya, Kuswanto enggan menyebut figur calon wakil Khofifah yang dimaksud. Yang pasti, nama dimaksud juga sudah disetujui kelompok tim 9 kiai yang dibentuk Khofifah.

"Jangan disebut sekarang, belum waktunya," ujar Kiswanto.

Namun, dia tidak menyebutkan Khofifah lambat dalam menentukan pilihan calon wakilnya, mengingat pasangan calon lawannya yakni Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sudah mendeklarasikan diri dan bergerak untuk sosialisasi.

"Semua hitungan waktu sudah dipertimbangkan keuntungan dan risikonya, toh pendaftaran terakhir masih Januari tahun depan," ungkap dia.

Pada Pilkada Jatim ketiga yang akan diikuti Khofifah tahun depan, dia diusung Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat. Sementara Gus Ipul-Azwar Anas diusung partai pemenang dan runner-up Pilleg 2014 Jatim, yakni PKB dan PDI-P.

Baca juga: Khofifah: Partai Pengusung Sudah Cukup untuk Maju Pilgub Jawa Timur

Kompas TV Calon pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jawa Timur menurut rencana akan didiumumkan pada Rabu 15 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com