Komplotan Copet Spesialis Konser Dangdut Ditangkap di Konser Via Vallen - Kompas.com

Komplotan Copet Spesialis Konser Dangdut Ditangkap di Konser Via Vallen

Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi
Kompas.com - 15/11/2017, 20:50 WIB
Kasatreskrim Polres Madiun kota AKP Logos Bintoro menunjukan komplotan copet berikut barang bukti yang diamankan. Dokumentasi Polres Madiun Kota Kasatreskrim Polres Madiun kota AKP Logos Bintoro menunjukan komplotan copet berikut barang bukti yang diamankan. 

MADIUN, KOMPAS.com - Komplotan copet spesialis konser dangdut asal Surabaya ditangkap Tim Satreskrim Polres Madiun Kota saat beraksi di konser pendangdut yang naik daun, Via Vallen, di Alun-Alun Kota Madiun.

"Lima komplotan copet spesialis konser dangdut itu kami tangkap saat mereka beraksi di konsernya Via Vallen, Selasa (14/11/2017) malam," kata Kasatreskrim Polres Madiun kota AKP Logos Bintoro, saat dikonfirmasi, Rabu (15/11/2017).

Kelima pelaku yang ditangkap adalah Satria Mukti (32), Muh Zalias (36), Martinus Valentino (29), Muhammad Irvan (34) dan Muhammad Gufron (21).

Sementara itu, polisi juga menetapkan Junaedi, warga Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya, dalam daftar pencarian orang lantaran lari saat hendak ditangkap

Logos mengatakan, komplotan copet yang ditangkap merupakan spesialis copet yang kerap beraksi di acara dangdut. Keenam pelaku itu selalu berpindah-pindah kota, mencari event dangdut dengan bintang tamu penyanyi dangdut yang terkenal.

"Dari hasil pemeriksaan, komplotan spesialis copet yang berlatarbelakang sebagai sopir di Surabaya inni selalu beraksi pada acara hiburan dangdut. Namun saat diperiksa polisi, mereka mengaku baru dua kali melakukan aksinya," kata Logos.

Saat menjalankan aksinya, lanjut Logos, masing-masing pelaku memliki peran berbeda-beda. Satu orang yang mengeksekusi atau mencopet, sedangkan satu orang mengawasi dan menyimpan hasil copetan. 

Tak hanya itu, tiga pelaku lain mengalihkan perhatian korban dengan mendorong bersama-sama dari beberapa arah. Sementara satu pelaku lain menjadi sopir. 

Sebelum tertangkap, enam pelaku berangkat dari Surabaya menuju Madiun sekitar pukul 15.00 WIB menggunakan mobil sewaan. Keenam pelaku tiba di Madiun sekitar pukul 20.00 WIB di alun-alun Kota Madiun dan langsung mencari sasaran. 

Penangkapan komplotan pencopet bermula dari adanya laporan pengunjung dangdut yang melapor ke petugas kepolisian. Selanjutnya, polisi menyebar mencari komplotan copet ini.

Tak berapa lama kemudian, satu di antara enam pencopet ini ditangkap setelah ketahuan mencopet dan diteriaki oleh para pengunjung. Setelah ditangkap, polisi melakukan pengembangan dan menangkap empat pelaku lain.

Dari tangan tersangka, polisi menyita 23 ponsel. Sepuluh di antaranya sudah dicocokkan sehingga diketahui pemiliknya yang datang ke Polres Madiun Kota sambil membawa kardus kemasan ponsel.

 

 

PenulisKontributor Solo, Muhlis Al Alawi
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM