Ayo Ngobrol Bareng Google, Facebook, Twitter, sampai Menkominfo di Festival Media AJI - Kompas.com

Ayo Ngobrol Bareng Google, Facebook, Twitter, sampai Menkominfo di Festival Media AJI

Kompas.com - 14/11/2017, 23:14 WIB
Festival Media AJI 2014 di Surabaya, Jawa Timur.AJI INDONESIA Festival Media AJI 2014 di Surabaya, Jawa Timur.


SOLO, KOMPAS.com - Tiga perusahaan raksasa digital, Facebook, Google, dan Twitter, akan berbagi tips soal bermedia sosial yang bijak di acara Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen ( AJI) yang akan berlangsung di Grha Soloraya Bakorwil Surakarta, Jawa Tengah, 23-24 November 2017. Hajatan tahunan AJI ini akan dibuka Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

"Kami mengundang para jurnalis, praktisi media, penggiat media sosial, mahasiwa, dan siapapun yang terlibat dalam arus informasi digital untuk datang ke Solo. Ada seminar, konferensi internasional, dan workshop seputar perkembangan industri dan media digital terkini," kata Ketua AJI Indonesia Suwarjono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/11/2017).  

Festival Media atau fesmed sudah menjadi agenda rutin AJI setiap tahun yang berisi beragam kegiatan literasi media. Tahun ini Fesmed AJI banyak mengetengahkan soal literasi digital. Fesmed akan menyajikan worskshop melawan hoaks, petunjuk internet aman, hingga social media hack

“Fesmed AJI tahun ini juga mengetengahkan tren media terkini yang semakin berkembang misalnya lewat workshop jurnalisme robot, data jurnalisme, reportase VR, dan sebagainya,” kata dia.

Menurut Suwarjono, literasi media di era digital saat ini begitu penting. Masyarakat dibanjiri oleh aneka informasi yang acapkali tak jelas kebenarannya.

Oleh karena itu, adalah penting untuk memilah informasi yang benar di tengah sesaknya berita sampah, hoaks, fake news atau berita bohong. 

Fesmed, lanjut Suwarjono, juga akan mengajak publik untuk mengenali lebih dekat cara kerja media. Akan ada workshop menjadi presenter berita, pemanfaatan smartphone untuk menghasilkan konten-konten jurnalistik, hingga pemanfaatan tools digital untuk mendukung kerja-kerja jurnalistik.

Sejumlah pembicara yang akan menghiasi festival media AJI antara lain anchor news Cable News Network (CNN) Indonesia Eva Yunizar, jurnalis senior Metro TV Desi Fitriani, Wakil Pemimpin Redaksi Beritagar.id Rahadian Prajnamu, dan pegiat film Dokumenter Dandhy Dwi Laksono dari Watch Doc.

Selengkapnya agenda Fesmed AJI bisa dilihat di fesmed. aji.or.id.

 

EditorHeru Margianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM