Menteri Darmin Nasution Akan Hadiri Acara Pemberian Marga Kahiyang - Kompas.com

Menteri Darmin Nasution Akan Hadiri Acara Pemberian Marga Kahiyang

Kontributor Medan, Mei Leandha
Kompas.com - 14/11/2017, 23:05 WIB
Doli dan istrinya. Acara adat pemberian marga kepada Kahiyang Ayu akan berlangsung di rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Medan pada 21 November 2017, Selasa (14/11/2017).KOMPAS.com/Mei Leandha Doli dan istrinya. Acara adat pemberian marga kepada Kahiyang Ayu akan berlangsung di rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Medan pada 21 November 2017, Selasa (14/11/2017).

MEDAN, KOMPAS.com - Acara adat pemberian marga kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, akan berlangsung di rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Medan pada 21 November 21017.

Doli adalah anak laki-laki tertua di keluarga ibunda Bobby Afif Nasution. Dalam adat Mandailing dan Batak, Doli disebut tulang atau paman.

"Saya anak laki-laki paling tua di keluarga Siregar. Kami tujuh bersaudara, saya nomor tiga, tapi laki-laki paling besar. Ibu Bobby itu adik saya, dia nomor enam," kata Doli saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (14/11/2017).

Menurut Doli, dalam acara adat nanti, Kahiyang akan diberi marga Siregar sesuai marga ibu Bobby. Prosesi ini akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Alurnya, keluarga Bobby datang ke keluarga Siregar meminta agar Kahiyang diberi marga Siregar, lalu disambut Raja-raja Tapanuli Selatan.

"Acaranya mulai jam 10.00 WIB sampai sore,” ujar Doli.

Secara garis adat, seharusnya Bobby menikahi anak perempuan Doli karena mereka marpariban. Namun, Doli bilang tidak masalah karena putrinya masih duduk di bangku SMP.

"Tidak ada masalah dan tidak perlu ada pembicaran khusus,” kata anggota Komisi A DPRD Sumut ini.

Baca juga: Romantika di Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby

Setelah bermarga Siregar, Kahiyang dan kedua keluarganya akan beristirahat selama dua hari. Pada 24 November, acara adat Mandailing mulai digelar dengan berbagai prosesi adat yang harus dilalui kedua pasangan suami istri itu. Mulai dari manortor sepanjang malam dan margondang selama dua hari, 24-25 November.

"Di 25-nya, acara pemberian gelar nama raja kepada kedua mempelai. Ini dilaksanakan di rumah orang tua Bobby di Setia Budi. Tanggal 26 baru resepsi,” kata Doli.

Lanjut dia, semua rangkaian acara digelar di rumah, sesuai anjuran adat lebih baik mengadakannya di rumah. Rumah di Setia Budi akan dibuat seperti gedung, sesuai undangan yang akan disebar sebanyak 4.000 sampai 4.500, mulai acara adat hingga resepsi.

Doli bilang, pihaknya menggunakan jasa wedding organizer (WO) untuk mempersiapkan semua urusan pesta.

Sebelumnya diberitakan, seusai pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Solo, pesta lanjutan ngunduh mantu dan pesta adat pemberian gelar akan dilangsungkan di Kota Medan pada 24 sampai 26 November 2017.

Adapun Bobby merupakan putra dari pasangan almarhum Erwin Nasution, mantan Dirut PTPN IV, dengan Ade Hanifah Siregar. Erwin meninggal dunia pada Januari 2017.

Kompas TV Keluarga Bobby Nasution langsung menyiapkan prosesi pernikahan dengan adat Mandailing di Medan Sumatera Utara.

PenulisKontributor Medan, Mei Leandha
EditorErwin Hutapea
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM