Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Rekayasa Lalu Lintas Saat 'Ngunduh Mantu' Putri Jokowi di Medan

Kompas.com - 14/11/2017, 20:56 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Kesibukan dan rapat-rapat koordinasi terus dilakukan pihak pengamanan yang berasal dari berbagai elemen jelang acara "ngunduh mantu" terhadap Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo, oleh orangtua Bobby Nasution.

Setelah Wakapolrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan bahwa pihaknya akan menyiagakan sekitar 600 personel untuk pengamanan, Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan AKBP Muhammad Saleh menuturkan, pihaknya tengah menyusun rencana rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan selama acara.

Namun, Saleh belum bisa menjelaskan secara rinci jalan-jalan mana saja yang akan mengalami pengalihan. Dia hanya mengatakan, personelnya akan ditempatkan di persimpangan-persimpangan jalur yang dilewati karena perubahan arus lalu lintas tersebut. Polisi juga akan mendirikan posko-posko.

"Kami masih menunggu hasil rapat koordinasi terakhir dengan berbagai pihak terkait, seperti keluarga, TNI dan Pemkot Medan. Kalau tamu yang datang melebihi prediksi, kami minta bantuan BKO untuk pengawalan," kata Saleh, Selasa (14/11/2017).

(Baca juga: Berita Foto: Artis dan Pejabat Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby (2))

"Jumlah kendaraan kami harus sesuai jumlah tamu yang datang. Bisa saja kami minta bantuan sepeda motor Lantas Polres tetangga seperti Langkat dan Binjai," tambahnya.

Saleh berharap, warga Kota Medan dapat memahami pengalihan arus lalu lintas dan pengawalan ketat yang dilakukan kepada tuan rumah dan keluarga Presiden Joko Widodo yang berdampak pada kemacetan arus lalu lintas, apalagi jelang hari H. Baginya, tamu VVIP harus dikawal supaya tertib.

Hal senada juga dikatakan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri. Dia mengatakan, Jokowi menginginkan aktivitas masyarakat tetap lancar dan berjalan normal seperti biasa. Cucu mengklaim tidak ada jalan ditutup, hanya pengalihan saja.

"Tapi, meski tidak ada jalan ditutup, kami akan memperketat penjagaan di beberapa tempat yang menjadi akses menuju lokasi acara. Ini SOP VVIP," ucap Cucu.

(Baca juga: Persiapan 'Ngunduh Mantu' Presiden Jokowi di Medan Sudah 60 Persen)

Sementara itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengimbau warganya ikut serta menciptakan suasana tertib dan aman agar acara berjalan lancar.

"Kami berharap peran serta masyarakat, ayo jaga keamanan dan ketertiban," ungkap Eldin.

Sebelumnya diberitakan, usai pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Solo. Pesta lanjutan Ngunduh Mantu dan pesta adat pemberian gelar akan dilangsungkan di Kota Medan pada 24 sampai 26 November 2017 mendatang.

Bobby merupakan putra dari pasangan Almarhum Erwin Nasution, mantan Dirut PTPN IV dan Ade Hanifah Siregar. Erwin meninggal dunia pada Januari 2017 lalu.

Kompas TV Jelang pesta pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, keluarga Bobby menggelar rapat persiapan dengan TNI – Polri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com