Di Tengah Hujan, Buni Yani Curhat soal Putusan Hakim dan Niat Naik Banding - Kompas.com

Di Tengah Hujan, Buni Yani Curhat soal Putusan Hakim dan Niat Naik Banding

Kontributor Bandung, Agie Permadi
Kompas.com - 14/11/2017, 17:06 WIB
Buni Yani menyampaikan orasi di depan massa pendukung usai dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara atas kasus pelanggaran UU ITE, Selasa (14/11/2017), di depan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram.KOMPAS.com/Agie Permadi Buni Yani menyampaikan orasi di depan massa pendukung usai dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara atas kasus pelanggaran UU ITE, Selasa (14/11/2017), di depan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram.

BANDUNG, KOMPAS.com - Buni Yani yang baru saja dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara atas kasus pelanggaran UU ITE, Selasa (14/11/2017), mendatangi massa pendukungnya di depan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram, tempat sidang berlangsung.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Buni keluar sekitar pukul 15.30 WIB dengan dikawal polisi dan diiringi guyuran hujan. Buni yang mengenakan pakaian serba putih dengan kopiah di kepalanya keluar dari mobil Pajero putih bernomor polisi B 520 FYF.

Kedatangan Buni Yani disambut massa yang langsung menuntunnya untuk naik ke mobil komando dan melakukan orasi. Buni dan para pendukungnya pun kuyup.

(Baca juga: Baca juga : Buni Yani Divonis 1,5 Tahun Penjara)

Namun, Buni Yani lanjut menyampaikan orasi. Dia mengaku kecewa dengan hasil keputusan sidang dan menegaskan bahwa dirinya tak bersalah. Oleh karena itu, pihaknya akan terus berjuang meski keputusan tak berpihak pada dirinya.

“Saya ditanya wartawan, 'apa persiapan dalam menyambut vonis hari ini? Apa perasaan saya?' Saya katakan, 'jangankan penjara, nyawa pun akan saya antarkan untuk perjuangan ini. Saya tak punya salah apa-apa dan saya siap untuk mati,” teriaknya di hadapan massa.

“Dan keputusan saat ini amat mengecewakan, saya divonis tanpa ada fakta di persidangan. Ini jelas kriminalisasi dan saya akan banding,” tegasnya kemudian.

 

Buni Yani yang baru saja dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara atas kasus pelanggaran UU ITE, Selasa (14/11/2017), mendatangi massa pendukungnya di depan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram, tempat sidang berlangsung.KOMPAS.com/Agie Permadi Buni Yani yang baru saja dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara atas kasus pelanggaran UU ITE, Selasa (14/11/2017), mendatangi massa pendukungnya di depan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram, tempat sidang berlangsung.


Buni Yani lalu mengucapkan terima kasih kepada massa yang hadir mendukung dirinya mengawal putusan sidang saat ini.

“Keluarga saya di Lombok dan Depok dan Tim Pengacara mengucapkan terima kasih yang sudah mengawal meski saat ini amat mengecewakan,” ucapnya.

Baca juga : Foto-foto Suasana Sidang Vonis Buni Yani, dari Sumpah hingga Spanduk Bergambar Buni-Ahok)

Sementara itu, setelah berorasi, Buni Yani dan massa pendukungnya berdoa bersama dengan diakhiri kumandang takbir. Pada sekitar pukul 16.15 WIB, massa pun akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Sebelumnya diberitakan, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara kepada Buni Yani dalam kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) di Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung, Selasa (14/11/2017) siang.

(Baca juga : Sumpah Buni Yani di Sidang Vonis)

Majelis hakim yang diketuai M Saptono itu menilai Buni Yani secara sah dan meyakinkan bersalah atas perbuatannya.

"Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada terdakwa dengan pidana selama 1 tahun dan enam bulan," ungkap Saptono.

Perbuatan Buni Yani dinilai memenuhi unsur Pasal 32 Ayat 1 dan Pasal 28 Ayat 2 UU ITE dengan melakukan ujaran kebencian dan mengedit isi video pidato Ahok.

 

 

Kompas TV Sidang putusan digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (14/11).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Agie Permadi
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM