Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegawai PDAM Kaget Namanya Terdaftar dalam Keanggotaan Partai

Kompas.com - 14/11/2017, 10:42 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.comKPU Parepare, Sulawesi Selatan, menemukan nama puluhan Aparatur Negeri Sipil(ASN), Pegawai BUMN, dan TNI/Polri, sebagai anggota partai politik. 

Saat diverifikasi, ASN, pegawai BUMN, dan TNI/Polri kaget namanya terdaftar dalam keanggotaan pengurus partai politik. Salah satunya Abdul Razak, seorang pewagai PDAM Kabupaten Pinrang. Namanya tercantum sebagai anggota Perindo. 

“Wah, saya tidak pernah mendaftar pada partai manapun apalagi Perindo," ujar Abdul Razak, warga Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2017).

"Memang saya kenal salah satu pengurus Partai Perindo, kebetulan dia juga pengurus koperasi. Data diri saya, saya serahkan karena pernah berurusan dengan koperasinya. kemungkinan itu yang disetor untuk keanggotaan partai," ucapnya.

(Baca juga : Verifikasi Parpol, KPU Temukan PNS, TNI, Polri, Jadi Anggota Partai )

Hal serupa dialami Kalfein. Pensiunan PT Telkom ini juga kaget, saat petugas verifikasi Parpol dari KPU Kota Parepare, mendatangi rumahnya. Petugas menanyakan kebenaran dirinya masuk dalam anggota atau pengurus partai tertentu.

“Saya memang kenal semua pengurus dalam partai yang memasukkan nama saya dan memang pernah mengajak saya, namun saya belum pernah menyetujui. Sampai saat ini saya bukan anggota partai manapun," tutur Kalfein.

Sementara Anggota KPU Kota Parepare, Divisi Hukum, Hasruddin Husain menjelaskan, pihakya masih mencari nama-nama ASN, pegawai BUMN, TNI/Polri yang namanya terdaftar dalam salah satu partai.

“Partai yang memasukkan nama orang yang tidak mengakuinya, terancam tidak memenuhi syarat untuk lolos dalam Verifikasi Faktual KPU Kota Parepare," pungkasnya. 

Kompas TV Partai pelapor mengeluhkan sistem website KPU yang "down" saat masa pendaftaran administrasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com