Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ziarah ke TMP Kusumanegara, Prabowo Ingatkan Pesan Jenderal Soedirman

Kompas.com - 13/11/2017, 18:42 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Senin (13/11/2017) sore, mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kusumanegara (TMP) Yogyakarta.

Dalam kunjungannya ini, Prabowo berdoa dan tabur bunga di pusara Panglima Besar Jenderal Soedirman, Jenderal TNI Oerip Soemohardjo dan Menteri Soepeno.

Sebelum ke TMP Yogyakarta, Prabowo berziarah ke Makam Raja-raja Mataram di Kotagede dan Imogiri. Saat berziarah ke Makam Raja-raja, Prabowo mengenakan baju peranakan.

Kini, giliran mengunjungi ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Prabowo memakai baju koko warna putih dipadu celana hitam dan peci hitam.

Setelah melewati pintu masuk di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Prabowo Subianto tampak memberi hormat ala militer. Setelah itu, ia berjalan menuju makam Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Di depan Pusara Panglima Besar Jenderal Soedirman, Prabowo kembali memberi hormat ala militer lalu menaburkan bunga. Setelah itu, Prabowo menggelar doa.

Baca juga : Rangkaian Kegiatan Prabowo di Kompleks Makam Imogiri

Tak hanya di Pusara Panglima Besar Jenderal Soedirman, Prabowo Subianto juga berdoa dan menabur bunga di makam Jenderal TNI Oerip Soemohardjo dan Menteri Soepeno.

"Hari ini saya menyempatkan nyekar ke Kotagede, Imogiri dan hari ini juga mampir di Pak Dirman, Pak Urip dan Menteri Soepeno," ujar Prabowo seusai ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Senin (13/11/2017)

Prabowo mengingatkan agar rakyat Indonesia selalu mengingat pesan-pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Pesan tersebut, yakni percaya kepada kekuatan sendiri dan pertahankan setiap jengkal tanah.

"Sekali merdeka tetap merdeka, lebih baik hancur daripada dijajah kembali. Itu nilai yang harus selalu ingat di saat-saat sekarang," katanya.

Baca juga : Pak Prabowo ke Jogja atas Undangan Pak Amien Rais

Kompas TV Survei CSIS dilakukan terhadap kaum milenial pengguna media sosial Twitter, Instagram, Facebook dan Path.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com