Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Kegiatan Prabowo di Kompleks Makam Imogiri

Kompas.com - 13/11/2017, 17:53 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan ziarah ke makam raja-raja Mataram Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Senin (13/11/2017) sekitar pukul 14.30 WIB.

Tampak Prabowo menggunakan pakaian tradisional peranakan atau baju tradisional Yogyakarta, di bagian atas menggunakan sorjan warna biru tua dipadu dengan kain jarik motif batik gela.

Setelah memarkirkan kendaraan di area parkir makam Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat itu, rombongan Prabowo langsung masuk ke makam Sultan Agung yang berada di bagian tengah kompleks tersebut.

Sebelum kedatangan Prabowo, Sekretaris DPD Gerindra DIY Dharma Setiawan sempat berbincang dengan Kompas.com. Dia mengatakan, kedatangan mantan Danjen Kopassus itu ke Yogyakarta atas undangan Amien Rais.

"Pak Prabowo ke Jogja atas undangan Pak Amien Rais datang ke sekolah (SD Budi Mulya 2, Ngaglik, Sleman) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Konteks awalnya demikian dan itu sudah dilaksanakan tadi pagi. Sebelum acara tersebut sudah shalat subuh berjemaah di kompleks Adi TV," kata Dharma, Senin.

Dia mengatakan, setelah menyelesaikan pertemuan dengan Amien Rais, Prabowo melaksanakan kegiatan pribadi dengan berziarah ke salah satu keturunan keluarga, yakni Hamengku Buwono II di Kotagede, Yogyakarta.

Setelah itu dilanjutkan ke makam raja Imogiri. "Setelah kegiatan tadi, Pak Prabowo melaksanakan kepentingan pribadi. Karena Pak Prabowo merupakan trah dari Hamengku Buwono II, jadi acaranya tadi ke Kotagede," jelas Dharma.

Baca juga: Kenakan Baju Jawa Peranakan, Prabowo Ziarah ke Makam Raja Mataram di Jogja

Prabowo mengaku kunjungan ziarah ke makam Imogiri untuk urusan pribadi. "Ini masalah pribadi makam keluarga," kata Prabowo, Senin.

Saat berbincang seusai keluar dari makam Sultan Agung, Prabowo mengaku mendoakan keluarganya. "(Tadi ke) Sultan Agung, sebelumnya di Kotagede (makam Hamengku Buwono II)," imbuh dia.

Prabowo sendiri datang bersama rombongan sekitar pukul 14.30 WIB dan keluar dari makam sekitar 15.20 WIB. Setelah itu dilanjutkan mengunjungi kompleks makam Sri Sultan Hamengku Buwono VII, VIII, dan IX, di kompleks yang sama.

"Agenda pribadi, agenda keluarga ya sebagai tradisi kita menghormati leluhur, menghormati sejarah kita. Saya kira itu saja masalah pribadi," ucap Prabowo.

Ketika ditanya apakah kunjungan ini terkait Pilpres 2019, Prabowo menampiknya. "Kamu siapa sih, urusan pribadi kok," kata dia sambil tertawa masuk ke makam HB IX.

Sekitar pukul 15.45 WIB, Prabowo keluar dari kompleks makam tersebut dan sudah menggunakan baju warna putih lengan panjang. Dia pun menyempatkan diri berbincang sebentar dengan beberapa warga sekitar.

Kompas TV Survei CSIS dilakukan terhadap kaum milenial pengguna media sosial Twitter, Instagram, Facebook dan Path.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com