Dua Kusir Kebanjiran Order gara-gara Kereta Kudanya Dipakai Jokowi - Kompas.com

Dua Kusir Kebanjiran Order gara-gara Kereta Kudanya Dipakai Jokowi

Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi
Kompas.com - 13/11/2017, 14:28 WIB
Mujiono menjadi kusir kuda kereta kencana yang membawa Kahiyang dan Bobby dalam resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu (8/11/2017) malam.KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Mujiono menjadi kusir kuda kereta kencana yang membawa Kahiyang dan Bobby dalam resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu (8/11/2017) malam.

SOLO, KOMPAS.com - Menerima orderan dari Presiden Jokowi membawa berkah untuk Mujiono Prasetyo dan Sunardi. Dua kusir itu kini kebanjiran order dari pelosok Nusantara.

"Kami sudah mengenal Pak Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo sampai beliau menjadi presiden. Sejak sering mendapatkan pesanan beliau, kami kebanjiran order hingga dari luar jawa," ujar Sunardi (50), warga Kewarasan, Kabupaten Sukoharjo, Senin (13/11/2017) siang.

Sunardi dan Mujiono merupakan kusir yang mengemudikan kereta kencana Kahiyang Ayu, putri presiden Jokowi, dan menantunya, Muhammad Afif Bobby Nasution. Sunardi mengemudikan kereta Bobby dan Mujiono mengemudikan kereta Kahiyang Ayu.

Sunardi mengatakan, banyak konsumen kemudian mana yang menanyakan kuda dan kereta yang dipakai Presiden Jokowi sebelum menyewa. Warga memiliki kebanggaan tersendiri bila menyewa kuda, kereta dan kusir yang pernah dipakai Presiden Jokowi.

Tak hanya dicari oleh penyewa dari Pulau Jawa, kuda, kereta kencana lengkap dengan kusirnya juga disewa oleh orang-orang dari Maluku, Ternate, Pekanbaru hingga kabupaten lain di Pulau Sumatra. Terakhir, dia dan rekan-rekannya mendapatkan order dari Ponorogo, Jawa Timur.

"Terakhir di Ponorogo ada acara yang menyewa 50 kereta lengkap dengan kuda. Biaya sewanya mencapai ratusan juta rupiah," ungkap Sunardi yang memiliki 13 ekor kuda di rumahnya.

(Baca juga: Naik Kereta Kencana, Kahiyang-Bobby Tiba di Gedung Akad)

Sunardi mengaku, dia sering menggunakan kereta kencana milik Pemkot Solo bila disewa orang lain. Dari orderan yang didapatkan, dia menyetor uang ke kas daerah.

Soal harga sewa satu ekor kudanya, Sunardi mengatakan harga sewa dalam kota sebesar Rp 500.000, sedangkan sewa kereta kencana Rp 2,5 juta. Sementara itu, tarif untuk penyewa di luar kota disesuaikan dengan lokasi.

"Biasanya kalau disewa di luar kota bayarnya borongan," ungkap Sunardi.

Soal harga yang dibayarkan Presiden Jokowi untuk setiap acara, Sunardi enggan menyebutkan. Dia hanya diminta untuk membuka rekening bank lalu pihak Jokowi akan mengirimkan uang jasa sewa kereta dan kudanya.

Sunardi yang mengaku sudah mengurus kuda sejak kecil merasa bangga karena orang nomor satu di Indonesia itu selalu menggunakan jasanya saat ada acara.

Latihan dan berdoa

Terakhir, untuk hajatan pernikahan Kahiyang-Bobby, Sunardi berlatih hingga seminggu bersama rekan-rekannya sebelum acara digelar. Namun dia bersyukur, meski kurang tidur, tugas mengantarkan mempelai dan keluarga ke Gedung Graha Saba Buana Solo berjalan lancar.

Senada dengan Sunardi, Mujiono mengaku mengenal Jokowi semenjak hendak mencalonkan diri jadi Wali Kota Solo. Saat menjadi wali kota, Presiden Jokowi membuat empat kereta agar warga biasa juga bisa naik kereta kencana.

"Sudah sering dipakai Jokowi, sejak calon wali kota sampai presiden selalu menggunakan jasa saya," kata Mujiono.

Mujiono menambahkan, usahanya pun semakin lancar setelah kuda, kereta dan jasa kusirnya sering dipakai orang nomer satu di Indonesia itu.

Tak beda dengan Sunardi, sebagai orang kecil, Mujiono bangga karena tidak setiap orang diberi anugerah bisa menjadi kusir seorang presiden.

Soal persiapan khusus saat menjalankan tugas dari Presiden Jokowi, Mujiono mengaku dia hanya berbekal doa.

"Tidak ada persiapan khusus. Saya hanya berdoa kepada Allah agar lancar dan selamat," ungkap Mujiono.

Senada dengan Sunardi, Mujiono warga Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, itu sudah menggeluti dunia perkudaan sejak masih kecil. Keluarganya turun-temurun memiliki usaha dan merawat kuda.

Soal besaran uang yang diberi Presiden Jokowi setiap menyewa kuda, kereta dan jasa kusir, Mujiono enggan menjelaskannya. Hanya saja, uang yang diberikan orang nomor satu itu bisa mencukupi makan sekeluarganya.

Kompas TV Jelang pesta pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, keluarga Bobby menggelar rapat persiapan dengan TNI – Polri.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Solo, Muhlis Al Alawi
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM