Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Menutup Ruas Jalan Utama Antar-Kabupaten

Kompas.com - 13/11/2017, 06:21 WIB
Kurnia Tarigan

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Barito Utara dengan Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah tertutup material longsor.

Akibatnya, akses utama penghubung antar Kabupaten ini terputus total. Antrean kendaraan mencapai 5 kilometer.

“Saat ini jalur tertutup total dan tidak bisa dilintasi karena tertutup material longsor,” ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya, Mujib Norahman, Minggu (12/11/2017).

Mujib mengatakan, hujan deras yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara mengakibatkan longsor, sehingga menutup akses ruas jalan utama di KM 80 Puruk Cahu-Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

(Baca juga : Tebing Setinggi 4 Meter di Puncak Longsor, 1 Orang Luka)

Di lokasi ini, tebing setinggi 20 meter dengan panjang sekitar 30 meter yang berada di sisi jalan longsor. Longsoran menutup total akses utama penghubung antar Kabupaten.

“Material longsor menutup seluruh badan jalan tersebut, mengakibatkan seluruh kendaraan yang akan melintas harus terhenti, karena tidak ada lagi jalur alternatif yang bisa dilalui oleh pengendara kendaraan,” ujar Mujib Norahman, Minggu (12/11/2017).

Akibatnya, lalu lintas dari arah Kabupaten Murung Raya menuju Kabupaten Barito Utara maupun sebaliknya terputus total, selama kurang lebih 10 jam.

Jalur ini tertutup material longsor berupa tanah bercampur batu serta pohon yang menimbun seluruh bagian jalan dengan ketebalan sekitar tiga meter.

(Baca juga : Longsor di Kabupaten Bandung, Satu Keluarga Tewas)

Material longsor yang menutup total akses utama ini, sambung Mujib, terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB, hingga akhirnya akses ruas jalan utama antar-kabupaten terimbun material longsor. 

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya yang dibantu masyarakat setempat, masih terus berupaya untuk bisa membersihkan material longsor yang menutupi ruas jalan tersebut.

“Kami dibantu masyarakat setempat, mengupayakan agar pembersihan ruas jalan utama dari material longsor ini bisa dikerjakan secepatnya. Agar para pengendara kembali bisa melintasi ruas jalan ini,” pungkasnya.

Kompas TV Hal ini menjadi salah satu faktor kesulitan pencarian korban, di samping ketebalan lumpur hingga tiga meter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com