Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zigzag Politik, Elektabilitas Deddy Mizwar Dilewati Dedi Mulyadi

Kompas.com - 12/11/2017, 21:40 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Survei terbaru yang dilakukan oleh Indocon memperlihatkan bahwa elektabilitas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melampaui Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada akhir Oktober 2017, elektabilitas Dedi Mulyadi mencapai 15,3 persen. Sedangkan Deddy Mizwar tercatat sebesar 11,9 persen. Adapun, pemuncak dalam survei ini adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang mendapat 34,6 persen.

Hasil survei Indocon ini serupa dengan survei yang dilakukan Indo Barometer beberapa waktu lalu. Lalu apa yang menyebabkan elektabilitas Deddy Mizwar melorot?

"Ini karena ada zigzag politik yang dilakukan Deddy Mizwar," kata Direktur Eksekutif Indocon Fajar Nursahid, Minggu (12/11/2017).

(Baca juga: Survei: Elektabilitas Dedi Mulyadi Salip Deddy Mizwar di Pilkada Jabar)

 Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta pegawai negeri sipil netral dalam pelaksanaan pilkada Jawa Barat 2018. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta pegawai negeri sipil netral dalam pelaksanaan pilkada Jawa Barat 2018.
Dalam zigzag yang dilakukan Deddy Mizwar, Fajar menilai hal tersebut disebabkan adanya ketidakpastian, baik dari PKS dan Gerindra yang sejak awal digadang-gadang bakal menjadi kendaraan politik Deddy Mizwar pada Pilkada Jawa Barat 2018.

"Pak Deddy Mizwar yang dekat dengan PKS butuh kepastian politik. Ketika dia sering ke PDI-P, Demokrat dan segala macam itu, dianggap ketidakjelasan politik yang merugikan posisinya sendiri," ucap Fajar.

"Jadi ini punya potensi yang memepengaruhi sikap publik yang melihat gelagat seperti ini," kata dia.

Di samping itu, lanjut Fajar, belakangan ini Dedi Mulyadi juga dianggap bekerja dengan baik.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat itu dinilai sering berkeliling Jawa Barat untuk mengunjungi masyarakat tradisional yang sampai saat ini bisa dikatakan sebagai basis terbesar pemilihnya.

"Kita melihat atribut paling kuat Pak Dedi Mulyadi concern ke bawah. Dia juga dermawan dan dekat dengan publik. Itu luar biasa," ucap Fajar.

(Baca juga: SMRC: Ridwan Kamil Unggul dalam Semua Simulasi Survei Pilkada Jabar)

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat sesi foto di kantor redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta, Selasa (24/10/2017). Dedi Mulyadi digadang-gadang menjadi salah satu kandidat calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah Jawa Barat 2018. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat sesi foto di kantor redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta, Selasa (24/10/2017). Dedi Mulyadi digadang-gadang menjadi salah satu kandidat calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah Jawa Barat 2018.
Dia melanjutkan, elektabilitas Dedi Mulyadi bukan tidak mungkin mendekati Ridwan Kamil.

Salah satu opsinya adalah memanfaatkan kondisi psikologis yang dialaminya saat ini. Kondisi itu adalah ketika Partai Golkar seolah "membuangnya" dan malah mendukung Ridwan Kamil yang berpasangan dengan serta kader Partai Golkar lain, Daniel Muttaqien.

"Bisa dikapitalisasi. Politikus yang cerdas adalah politikus yang bisa mengkapitalisasi berbagai stigma yang ada, menjadi dukungan publik yang maksimal," ujar Fajar.

Fajar menambahkan, fenomena yang dialami oleh Dedi Mulyadi pernah terjadi pada pemimpin-pemimpin sebelumnya.

"Dulu pak SBY sama dizalimi, kemudian dia dapat simpati publik. Bu Mega juga sama. Jokowi sama, dizalimi macam-macam juga mendapat simpati publik," ucapnya.

(Baca juga: Bertemu Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi Bilang Akan Bikin Film "Bus Meninggalkan Pengantin")

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com