Enam ABK Kapal Yong Tat 9 Masih dalam Pencarian - Kompas.com

Enam ABK Kapal Yong Tat 9 Masih dalam Pencarian

Kapal tenggelam.Thinkstock Kapal tenggelam.

TOBOALI, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap enam orang anak buah kapal tugboat (kapal tunda) Yong Tat 9 yang tenggelam karena dihantam gelombang di perairan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Beliting, pada Minggu (12/11/2017) siang.

Enam ABK yang masih hilang adalah Nasirin (nahkoda), Hengki, Asriadi, Rudianto, Arisandi, dan Septiawan.

Menurut Koordinator Tim Reksi Cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Delwin, pencarian masih terus dilakukan oleh tim yang terdiri dari Basarnas, Polair Polda Babel, dan TNI Angkatan Laut.

"Saat ini tim SAR gabungan terus melakukan pencarian dan penyelaman di radius 3 mil dari pulau Pongok", ujar Delwin, Minggu.

(Baca juga: Tugboat Tenggelam di Laut Pongok, 6 Awak Kapal Hilang)

Dua orang ABK lainnya, Herman dan Ambat Alwianus, berhasil selamat. Kedua ABK itu melompat sebelum kapal tenggelam karena dihantam gelombang.

Keduanya diselamatkan oleh awak kapal KM Khatulistiwa yang tengah melintas, dan kini telah berada di Jakarta.

Kapal Yong Tat 9 berlayar menuju Pelabohan Pangkalbalam Pangkalpinang, tengah menarik tongkang kosong usai bongkar muatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Namun, saat berada di perairan Pongok, Yong Tat 9 dihantam gelombang dan tenggelam.

Kompas TV KM Dharma Kencana II ditumpangi 137 dewasa, empat anak, dan dua bayi.


Komentar

Close Ads X