Ajak Istri, Ganjar Ikut Gowes Tour De Borobudur - Kompas.com

Ajak Istri, Ganjar Ikut Gowes Tour De Borobudur

Kompas.com - 12/11/2017, 14:24 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut dalam Tour de Borobudur, Minggu (12/11/2017)ANDI KAPRABOWO/ KOMPAS.com Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut dalam Tour de Borobudur, Minggu (12/11/2017)

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengikuti ajang Tour De Borobudur yang diselenggarakan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero). Bahkan tak hanya sendiri, dalam kesempatan ini Ganjar mengajak serta istri tercintanya, Siti Atiqoh Supriyanti.

Menggunakan sepeda kesayangannya, Ganjar dengan mantap menggowes bersama ribuan peserta lainnya. Meski jarak yang ditempuh cukup jauh, namun Ganjar tetap semangat mengikutinya.

"Ajang seperti ini perlu digelar secara rutin dengan melewati rute yang banyak destinasi wisatanya. Sehingga, potensi wisata daerah bisa terangkat," kata Ganjar saat start di Semarang.

Baca: Promosikan Pariwisata Jateng, Tour de Borobudur Kembali Digelar

Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda, Tour de Borobudur juga bisa mengangkat potensi wisata yang ada di Jawa Tengah. Karena peserta akan menyaksikan secara langsung keindahan alam khususnya di provinsi ini.

"Tour de Borobudur ini merupakan suatu langkah menyatukan olahraga dan pariwisata. Melalui ajang ini, pihaknya mendorong agar jumlah wisatawan ke Jawa Tengah semakin meningkat. Karena ajang ini diikuti tidak hanya dari warga Jawa Tengah saja tetapi nasional bahkan mancanegara," katanya.

Ganjar mengatakan, Tour de Borobudur kali ini rutenya lebih berat dibanding periode tahun lalu. Pasalnya, banyak jalan tanjakan dan turunan yang dilalui sehingga akan menguras tenaga.

"Kali ini jelas lebih berat rutenya. Banyak tanjakan yang dilalui. Pengalaman tahun lalu, badan Saya pegal semua. Apalagi yang kali ini, pokoke lebih pegal," tuturnya.

Baca: Pemprov Jateng Kebut Pengembangan Obyek Wisata Baturaden

Meski demikian, Ganjar yang mengikuti Tour de Borobudur bersama Atikoh, istrinya, mengaku sudah melakukan persiapan sebelumnya. "Persiapan sudah, diantaranya melakukan latihan beberapa hari sebelum pelaksanaan," katanya.

Ribuan peserta

Sebanyak 6000 lebih pesepeda dari berbagai daerah bahkan negara memeriahkan event Tour De Borobudur yang diselenggarakan PT Bank Tabungan Negara (Persero). Kegiatan yang dimulai pada Sabtu (11/11/2017) tersebut akan menyusuri sejumlah daerah mulai Semarang hingga Magelang.

Ajang ini memberikan tantangan bagi para penggemar olah raga  menelusuri jalur Semarang-Magelang sambil menikmati suasana alam  yang asri dan kota-kota di Jawa Tengah yang unik. Sensasi bersepeda sambil menikmati wisata alam atau kerap disebut sport tourism ini diikuti hampir 6.000 peserta termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"BTN ingin terus berkontribusi dalam ajang internasional ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap pariwisata di Jawa Tengah secara khusus, namun juga secara nasional karena acara ini mengharumkan nama bangsa,” kata Direktur Utama Bank BTN Maryono di Magelang, Minggu (12/11/2017).

Adapun Tour de Borobudur yang diselenggarakan tahun ini merupakan yang ke-XVII, dan sudah menjadi agenda rutin tahunan yang diikuti oleh peserta dari dalam maupun luar negeri.

Bhikkhu Badraphalo saat berada di area Candi BorobudurDok CERITALAH ASEAN Bhikkhu Badraphalo saat berada di area Candi Borobudur

Acara olahraga yang dipadu dengan pariwisata terbukti menarik antusiasme dunia internasional dan memberi dampak bergulir ke ekonomi masyarakat yang akhirnya bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

"Untuk itu kami menilai potensi wisata daerah di Indonesia masih perlu dikembangkan dan disosialisasikan ke berbagai belahan dunia. Tour de Borobudur bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menggelar ajang serupa dengan menonjolkan keunikan daerah masing-masing," imbuhnya.

Dalam ajang BTN TDB ini, BTN juga berpartisipasi untuk melastarikan lingkungan dan menggerakkan ekonomi Jawa Tengah.

“Sebagai bank milik negara, kami tidak hanya menggenjot bisnis, tapi juga berpartisipasi membantu masyarakat dan lingkungan. Melalui ajang BTN Tour de Borodudur ini, Bank BTN tidak sekadar mengajak berolahraga dan berkompetisi sehat, tapi juga melakukan aksi sosial di berbagai bidang,” kata Maryono.

BERSAMA ISTRI--Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istrinya menghadiri acara pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu ( 8 / 11 / 2017) siang.KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi BERSAMA ISTRI--Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istrinya menghadiri acara pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu ( 8 / 11 / 2017) siang.

Adapun, dari ajang BTN Tour de Borobudur XVII, ada beberapa aksi sosial yang dilakukan. Misalnya, untuk setiap 1 kilometer (km) yang ditempuh setiap peserta, akan disumbangkan dana senilai Rp 1.000. Estimasi dana sosial yang bisa dirapu bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain bantuan sosial, Bank BTN juga memberikan kontribusi untuk lingkungan hidup.

Dalam pesta olahraga sepeda ini, Bank BTN menebar 10.000 benih ikan dan menanam 1.000 bibit pohon buah di kawasan Waduk Jatibarang yang juga menjadi salah satu objek wisata Semarang tersebut.

“Besar harapan kami, bantuan ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat Jawa Tengah. Sehingga wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri benar-benar dirasakan masyarakat di sini,” ujarnya.

Dalam BTN Tour de Borodudur XVII, terdapat tiga kategori. Pertama, kategori 100K dengan jarak tempuh 100 kilo meter (km) yang akan diikuti 1.200 peserta. Kedua, kategori 200K dengan jarak tempuh 60 km dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang. Ketiga, kategori dengan jarak tempuh 30 km dengan 500 peserta dan terakhir.

"Dalam kesempatan ini Bank BTN juga mengambil peran dalam event New Armada Open Road Race and Fun Bike 2017 yang mengambil rute Semarang- Magelang  yang akan diikuti 4.000 orang. Adapun, perhelatan olahraga sepeda tahunan tersebut juga diikuti 200 atlit profesional," katanya.

Sementara, rute yang dilalui para peserta BTN Tour de Borobudur XVII merupakan titik-titik pariwisata di Jawa Tengah. Para peserta akan melewati Waduk Serbaguna Jatibarang Semarang, Desa Limbangan, Rindam IV Diponegoro, Pendopo Kabupaten Temanggung, Balkondes Karanganyar Borobudur, dan Candi Borobudur. (KONTRIBUTOR JAWA TENGAH/ ANDI KAPRABOWO)

EditorKurniasih Budi
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM