Setelah Pernikahan Kahiyang-Bobby, Warga Solo Gelar Makan Bersama - Kompas.com

Setelah Pernikahan Kahiyang-Bobby, Warga Solo Gelar Makan Bersama

Kontributor Solo, Labib Zamani
Kompas.com - 10/11/2017, 10:46 WIB
Warga, tukang becak, dan pedagang makan bersama jenang sumsum di Kedai Nabung Jalan Bhayangkara Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2017).Kompas.com/Labib Zamani Warga, tukang becak, dan pedagang makan bersama jenang sumsum di Kedai Nabung Jalan Bhayangkara Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2017).

SOLO, KOMPAS.com — Puluhan warga, tukang becak, dan pedagang makan jenang sumsum bersama-sama di Kedai Nabung, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2017).

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, ada sekitar 200 takir (wadah makanan dari daun pisang) jenang sumsum disajikan di atas meja panjang oleh pemilik kedai bernama Yudi Harmawan Panji Anom (47).

Tak jauh dari lokasi tersebut dipasang spanduk bertuliskan "Misi Cinta Jokowi 2" serta foto Kahiyang dan Bobby. Ada juga spanduk yang berisi pesan dan harapan dari warga kepada kedua mempelai, misalnya "Selamat Hidup Baru Kahiyang dan Bobby", "Selamat Menempuh Hidup Baru", dan "Happy Wedding Kahiyang dan Bobby".

Kepada Kompas.com, Yudi mengatakan, jenang sumsum yang merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari tepung beras dan juruh (kuah) gula jawa itu disajikan secara gratis untuk warga, tukang becak, dan pedagang sebagai ungkapan rasa syukur setelah pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Baca juga: Kahiyang Bakal Dapat Marga Ini dari Keluarga Bobby

Dia mengatakan, jenang tersebut memiliki makna filosofis mengembalikan kekuatan dan kesehatan setelah berhari-hari seluruh pikiran dan fisik tercurah untuk upacara perkawinan.

"Setelah punya hajat pernikahan supaya pengantin dan semua panitia yang terlibat diberikan kesehatan, berkah, dan kekuatan," kata Yudi.

Dia berharap Kahiyang dan Bobby dapat segera diberikan momongan yang saleh dan salehah, berbakti kepada kedua orangtua, serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Sementara itu, seorang tukang becak bernama Tukijo (50) mengungkapkan rasa syukur atas pernikahan Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

"Semoga putra kekalih (kedua) Bapak Jokowi diberikan kawilujengan (keselamatan) dan rahayu (kebahagiaan)," ujar Tukijo, warga Pracimantoro, Wonogiri.

Kompas TV Keluarga Bobby Nasution langsung menyiapkan prosesi pernikahan dengan adat Mandailing di Medan, Sumatera Utara.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Solo, Labib Zamani
EditorErwin Hutapea
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM