Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Warga Polewali Mandar Peringati Hari Pahlawan

Kompas.com - 10/11/2017, 10:20 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ratusan warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggelar kirab atau pawai obor sambil berjalan kaki ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bambu Runcing, Kamis (9/11/2017) malam, untuk memperingati Hari Pahlawan.

Peringatan ini juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi dan aksi teatrikal yang dilakukan oleh para mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM). Aksi teatrikal itu tentang kisah perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Guyuran hujan deras tidak menyurutkan semangat para peserta melakukan pawai obor sejauh tiga kilometer yang dimulai dari kantor Lurah Polewali Mandar hingga ke TMP Bambu Runcing di Kecamatan Binunag, Polewali Mandar, Kamis malam.

Para peserta pawai berasal dari Komunitas Jalin Peduli, Forum Bela Negara, mahasiswa UNM, aparat TNI-Polri, anak-anak dari para veteran, serta segenap komponen masyarakat.

Baca juga: Jokowi Beri Penghormatan kepada Pahlawan di TMP Kalibata

Kepala Kementerian Pertahanan Sulbar, Kolonel Drs Rudianto, MSi mengatakan, pawai obor ini membawa pesan bahwa kemerdekaan yang diraih para pahlawan kita tidak datang begitu saja, tetapi melalui perjuangan yang mengorbankan segenap jiwa raga tanpa pamrih untuk meraih kemerdekaan negara Republik Indonesia.

"Jadi ini untuk mengingatkan kembali bahwa kemerdekaan yang telah diraih bukan diberikan dengan hadiah, tapi kita rebut dengan perjuangan dan tetesan darah" ujar Rudianto.

Rudianto mengajak kepada semua komponen bangsa dan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan memberi sumbangsih kepada orang banyak.

Dia juga berharap generasi sekarang bisa berkontribusi positif dalam membangun Kota Polewali sebagai bagian dari Sulbar dan NKRI yang harus terus dijaga.

Kompas TV Belum 12 jam setelah menikahkan putrinya, Presiden Joko Widodo sudah kembali beraktivitas seperti biasa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com