Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Usung Viktor Laiskodat Jadi Bakal Cagub NTT

Kompas.com - 10/11/2017, 09:19 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Partai Nasdem mengusung Viktor Bungtilu Laiskodat sebagai bakal calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) 2018 mendatang.

Sekjen DPP Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, penunjukan Viktor karena dinilai sebagai figur yang tepat untuk maju bertarung memperebutkan kursi nomor satu di provinsi yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia itu.

Pemunculan nama Viktor itu akhirnya mematahkan koalisi Partai Nasdem dan Golkar, yang sebelumnya secara terbuka telah mengusung nama Jacki Uly dan Melki Laka Lena sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT.

"Rencana koalisi Nasdem Golkar untuk Pilgub NTT pada akhirnya belum dapat menghasilkan kesepakatan politik dan karenanya tidak dapat diteruskan," kata Johnny kepada Kompas.com, Jumat (10/11/2017) pagi.

Baca juga: Pilkada Kota Bandung, NasDem Pilih Yossi Irianto daripada Ricky Subagja

"Memperhatikan pentingnya Pilgub NTT bagi penyelenggaraan pemerintahan Provinsi NTT dan demi kepentingan masyarakat NTT, maka Partai Nasdem dengan serius mempertimbangkan Victor Bungtilu Laiskodat yang adalah Ketua Fraksi Nasdem DPR RI sebagai cagub NTT pada pilkada 2018 yang akan datang," sambung dia.

Selanjutnya, kata Johnny, secara cepat DPP Partai Nasdem akan mengambil inisiatif membangun potensi koalisi strategis NTT dengan beberapa partai terkait perkembangan politik tersebut.

Menurut Johnny, yang juga adalah anggota DPR RI asal NTT itu, cepatnya perubahan perkembangan politik dalam minggu ini adalah hal yang biasa dan tidak mengejutkan. Nasdem, kata dia, menanggapinya sebagai bagian dari lingkungan politik yang dinamis.

Adapun Jacki Uli yang sebelumnya telah diumumkan ke publik sebagai bakal calon gubernur akan mengumumkan sikapnya dan kembali fokus sebagai Ketua DPW Nasdem NTT.

Kompas TV Jarak pelaksanaan pilkada yang masih cukup jauh membuat situasi politik di Jawa Barat masih sangat dinamis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com