Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Landa Tiga Kecamatan di Aceh Singkil

Kompas.com - 08/11/2017, 22:38 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Hujan yang mengguyur terus menerus menyebabkan 3 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil dilanda banjir.

Banjir yang terjadi karena luapan sungai singkil ini pun membuat jalur lalu lintas Kabupaten Aceh Singkil menuju Kota Subulussalam terputus.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil melaporkan, terdapat dua titik banjir yang mengakibatkan akses jalan lintas Singkil-Subulusalam tak bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Kedua titik itu ada di kawasan lintasan Jalan Silatong, Kecamatan Simpang Kanan dan ruas jalan lintas di Desa Bulusema Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil. Ketinggian air di badan jalan mencapai 70 sampai 120 centimeter.

(Baca juga : Tanggul Kampung Luar Batang Bocor, Puluhan Rumah Terendam Banjir)

Dari Desa Bulusema, Kecamatan Suro yang diterjang banjir, sedikitnya 50 unit rumah warga dilaporkan terendam. Personel TNI, polisi dan petugas lainnya berada di lokasi untuk membantu warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Dapur umum sudah didirikan. Warga mengungsi ke rumah warga lainya yang tidak terkena banjir. Ini saya mau jemput beras untuk didistribusikan ke sana," kata Alidin, Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Aceh Singkil, Rabu (8/11/2017).

Alidin mengatakan, satu unit mobil minibus jenis Innova milik warga Subulussalam yang nekat menerobos banjir hanyut terseret derasnya arus air bah.

Terputusnya akses jalan nenyebabkan antrean kendaraan dari arah Singkil-Subulussalam dan sebaliknya mengular. Petugas kepolisian dan TNI berjaga-jaga di lokasi genangan banjir.

(Baca juga : Bahas Banjir, Jokowi dan Anies-Sandi Bahas Sodetan Ciliwung hingga Waduk Ciawi)

Untuk membantu warga korban banjir, Bupati Kabupaten Aceh Singkil, Dulmusrid mengatakan, pemda telah mendirikan dapur umum dan posko kesehatan.

Bantuan itu didirikan di dua lokasi di Kecamatan Suro sebanyak dua lokasi, dan di Kecamatan Simpang Kanan, posko kesehatan didirikan di Desa Silatong, Cibubukan, Ujung Limus, dan Lipat Kajang Bawah.

"Untuk stok bantuan masa panik ini, alhamdulilah masih terpenuhi, nanti kalau kurang kami akan minta lagi ke bulog," kata Bupati Dulmusrid

Data BPBD Aceh Singkil menyebutkan, sejumlah desa di Kabupaten Aceh Singkil yang terendam banjir adalah Desa Bulu Sema Kecamatan Suro, Desa Silatong, Lae Riman, Ujung Limus, Tanjung Mas, Cibubukan dan Serasah dan Tugan Kecamatan Simpang Kanan. Selanjutnya Desa Rimo, Desa Cingkam Kecamatan Gunung Meriah.

Kompas TV Ketinggian banjir mencapai 60 sentimeter hingga 1 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com