Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idrus Marham Perlihatkan SK Dukungan Golkar ke Ridwan Kamil

Kompas.com - 04/11/2017, 15:40 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menyambangi rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Sabtu (4/11/2017).

Idrus datang didampingi bakal calon wali kota Bandung Nurul Arifin dan Wakil Sekjen Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa 1 Ratu Dian Hatifah.

Maksud kedatangan Indrus adalah memperlihatkan surat keputusan resmi dukungan Golkar untuk pencalonan Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018.

Langkah itu sekaligus menjadi jawaban atas keraguan banyak pihak soal komitmen Golkar terkait keputusannya mendukung Ridwan Kamil.

"Hari ini kami bersilaturahim dengan Kang Emil untuk menyampaikan beberapa hal. Kami menjelaskan tentang mekanisme di Partai Golkar bahwa sebenarnya surat keputusan Partai Golkar tentang penetapan Kang Emil sebagai calon gubernur dan wakilnya, saudara Daniel Mutaqien, sudah ditandatangani pada 24 Oktober yang lalu oleh ketua Umum dan Sekjen DPP Partai Golkar," ujar Idrus seusai pertemuan.

Namun, kata Idrus, SK itu belum secara resmi diserahkan. Sebab, sesuai aturan partai, penyerahan SK harus bersifat estafet. Itu artinya, penyerahan SK akan diberikan langsung oleh jajaran DPD Jabar.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Golkar Sudah Pasti Beri Dukungan di Pilkada Jabar

"Namun, mekanisme penyerahan sesuai aturan di Partai Golkar nanti kami serahkan kepada DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat dan setelah itu nanti DPD Partai Golkar Provinsi Jabar didampingi pemenangan pemilu Jawa 1 akan menyerahkan kepada Kang Emil," tutur Idrus.

Idrus menjelaskan, rencana pendeklarasian sendiri dijadwalkan digelar pada Rabu pekan depan.

"Nanti insya Allah hari Rabu dijadwalkan akan diserahkan di DPD Partai Golkar Provinsi Jabar, setelah itu selanjutnya kepada Kang Emil. Itulah inti pada hari ini," ucapnya.

Baca juga: Golkar Dukung Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi Dinilai Bisa Maju via Partai Lain

Kompas TV Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengeluarkan hasil survei pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com