Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

165 Ekor Tukik Sisik dan Lengkang Dilepas di Pantai Selatan Malang

Kompas.com - 04/11/2017, 08:30 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Korps Marinir TNI Angkatan Laut melepas 165 ekor tukik atau anak penyu di Pantai Nganteb, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang bagian selatan, Jumat (3/11/2017).

Pelepasan jenis hewan yang dilindugi itu sebagai upaya dari Korps Marinir dalam menjaga kelestarian laut Indonesia.

"Kita dari Korps Marinir melepas tukik - tukik, anak penyu ini sebanyak 165 ekor dan kita harapkan kita lepas di Pantai Nganteb, Malang Selatan ini untuk melestarikan alam di sekitar pantai ini," kata Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono saat memimpin pelepasan tukik itu.

(Baca: 70 Tukik Penyu Lekang dan Satu Penyu Hijau Dewasa Dilepasliarkan)

Ia berharap, 165 tukik yang dilepas ke laut itu mampu bertahan hidup dan berkembang biak.

"Kita berharap tukik - tukik yang 165 ekor ini dapat beranak dan kemudian mereka dapat lestari untuk hidup di sekitar Pantai Nganteb dan sekitarnya," katanya.

Sementara itu, sebanyak 165 tukik yang dilepas itu merupakan hasil penangkaran yang berada di Pantai Serang, Kabupaten Blitar dan Pantai Lampon, Banyuwangi.

Tukik - tukik itu menjalani masa penangkaran selama tiga bulan supaya bisa bertahan hidup di laut lepas.

Ada dua jenis tukik yang dilepaskan. Yakni tukik penyu sisik atau eretmochelys imbricata dan tukik penyu lengkang.

Tukik jenis itu diperkirakan bisa bertahan sampai usia 50 tahun dengan pencapaian berat 500 kilogram di masa tua.

"Kebetulan tempat ini kita pakai untuk latihan. Di samping tempatnya masih lestari, kemudian kita berharap binatang apapun juga yang ada di sini dapat juga hidup sebagaimana mestinya," katanya.

Sebelumnya, Korps Marinir juga sudah pernah melepas tukik di pantai yang ada di Kabupaten Malang bagian selatan. Total, sudah ada 1.500 ekor tukik yang di lepas di sejumlah pantai di Kabupaten Malang bagian selatan.

"Kalau untuk tukik 1.500 an ekor. Kebetulan di sektor Malang Selatan ini bukan hanya Pantai Nganteb saja tempat latihan kita. Termasuk Pantai Ngliyep, Pantai Bale Kambang termasuk di Sendang Biru, termasuk di Pantai Selatan lah," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Korps Marinir juga melaksanakan pembaretan terhadap 351 prajurit tamtama remaja angkatan XXXVI gelombang ke-2.

Pada kesempatan itu, Bambang meminta kepada seluruh prajurit untuk selalu menjunjung tinggi kehormatan Korps Marinir.

"Mengamanahkan adanya tuntutan untuk selalu menjaga kehormatan korps dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara," katanya.

Hadir dalam kesempatan itu Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Wurjanto, Komandan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 4 Purboyo Letkol Marinir Widoyono dan sejumlah prajurit di Korps Marinir lainnya.

Kompas TV Ribuan anak penyu atau tukik dilepasliarkan di pusat kawasan konservasi penyu Pantai Kili-Kili Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com