Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NasDem Persiapkan Konvensi Calon Pendamping Ridwan Kamil

Kompas.com - 04/11/2017, 07:37 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai NasDem siap memfasilitasi konvensi untuk mencari calon pendamping bakal calon gubernur, Ridwan Kamil.

Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, menilai mekanisme beauty contest akan jadi langkah yang adil bagi para calon pendamping Ridwan Kamil, dari pada melalui pendekatan jumlah kursi partai.

"Yang sudah coba kita tawarkan itu soal konvensi calon wakil gubernur untuk Kang Emil. Jadi semua diusulkan nama-nama itu, setiap partai boleh mengusulkan dua nama. Nah nanti kita di konvensi itu akan membikin panel ahli," ujar Saan, Sabtu (4/11/2017).

Saan menuturkan, dalam konvensi itu akan turut dihadirkan sejumlah juri dari kalangan profesional dan independen untuk mendapat hasil yang lebih adil.

"Dinilai bukan oleh partai, tapi kalangan profesional dan independen. Nanti dia yang akan menilai. Masing-masing wakil diberi kesempatan untuk menyampaikan program, visi, misi, langkah politik, dan program pemenangan," tuturnya.

Baca juga : Optimistis Dampingi Ridwan Kamil, Bupati Tasik Populerkan Rindu

Saan menegaskan, hingga saat ini sejumlah nama yang disodorkan partai baru sebatas usulan. Sebab itu, dalam waktu dekat ia akan memfasilitasi pertemuan antar-partai koalisi untuk menemukan kesamaan visi dan misi di Pilkada Jabar 2018.

"Nah, soal wagub itu memang kita akan bahas, tapi kita belum bahas soal nama. Kalau soal nama ya kita akan menampung dulu semua usulan dari masing-masing partai. Setelah itu kita akan bicara mereka soal mekanismenya," kata Saan.

"Kita lagi mengagendakan untuk bertemu dengan seluruh partai pendukung Kang Emil. Ketemu secara bersama-sama kita kan belum, kalau misalnya dengan PKB saya ketemu, dengan PPP ketemu, tapi untuk duduk bareng setelah ada dukungan untuk Kang Emil memang kita belum ketemu secara bersamaan. Maksimal kita minggu depan akan bertemu," jelasnya.

Kompas TV Pertarungan Panas Menuju Kursi Jabar 1 (Bag 2)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com