Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Titik Pengamanan Pernikahan Putri Jokowi

Kompas.com - 03/11/2017, 17:22 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Ada 13 titik yang menjadi prioritas pengamanan selama prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, 8 November 2017. Pengamanan dilakukan pada 4-9 November 2017.

"Pengamanan ada di 13 titik. Setiap titik telah ditempatkan personel yang terbagi dalam sub satgas. Sub satgas ini tugasnya mengamankan di masing-masing titik," kata Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman di Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/11/2017).

Sub satgas yang ditugaskan di 13 titik tersebut di antaranya, sub satgas di Bandara Adi Soemarmo, rute yang dilalui para tamu undangan, kediaman Presiden Jokowi, sub satgas di tempat acara pernikahan Kahiyang dan Bobby.

Lalu sub satgas tempat kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di ATMI, dan di lokasi kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sragen dan Boyolali.

(Baca juga : Jokowi Undang Para Pelawak ke Pernikahan Kahiyang dan Bobby)

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi putrinya Kahiyang Ayu (kiri) memberikan keterangan pers terkait pesiapan pernikahan putrinya di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017). Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan dilangsungkan di dua kota, yakni Solo pada 8 November 2017 dan Medan pada 24, 25 dan 26 November 2017.ANTARA FOTO/HANDOUT/SETPRES/KRIS Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi putrinya Kahiyang Ayu (kiri) memberikan keterangan pers terkait pesiapan pernikahan putrinya di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017). Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan dilangsungkan di dua kota, yakni Solo pada 8 November 2017 dan Medan pada 24, 25 dan 26 November 2017.
Tatang menyebut, pengamanan kali ini merupakan wujud penyempurnaan dari pengamanan yang dilakukan dua tahun lalu ketika Presiden Jokowi menggelar pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

"(Pengamanan) saat ini adalah penyempurnaan-penyempurnaan pengamanan sebelumnya, terutama terkait pengaturan lalu lintas, pengaturan massa," jelasnya.

"Intinya pengamanan ini yang paling utama adalah aman dan nyaman. Nyaman tamu yang datang ke acara (pernikahan) ini. Tetapi tetap kita tidak boleh meninggalkan faktor keamanan," tambahnya.

Sementara itu, untuk menjaga kondisivitas dan keamanan selama pernikahan putri Presiden Jokowi di Solo aman, ada 5.453 personel gabungan dari Kodam IV/Diponegoro, TNI Angkatan Udara (AU), TNI Angakatan Laut (AL), dan Kepolisian Daerah (Polda) Jateng yang diterjunkan.

(Baca juga : Begini Bentuk Undangan Pernikahan Kahiyang dan Bobby)

Selain mengamankan pernikahan putri Presiden Jokowi, mereka juga akan meleksanakan pengamanan terhadap para tamu, para duta besar (Dubes) dan tamu VIP/VVIP lainnya.

Kompas TV Tiga Berita Terpopuler 31 Oktober 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com