Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Galungan dan Kuningan serta Pesan Hidup Rukun di Tengah Kemajemukan

Kompas.com - 02/11/2017, 09:51 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Umat Hindu Dharma di Solo, Jawa Tengah, merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan di Pura Indra Prastha di Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo secara khidmat, Rabu (1/11/2017) malam.

Ada sekitar 500 umat Hindu di Solo yang ikut dalam sembahyang terbesar memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan) tersebut.

"Puncaknya hari ini, kami menang melaksanakan tapabrata, pensucian-pensucian dan tindakan ke kita. Jadi, Galungan ini dimaknai dengan kebatilan melawan kebenaran," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Solo, Ida Bagus Komang, di sela upacara perayaan.

Umat Hindu memanjatkan doa saat mengikuti sembahyang perayaan hari raya Galungan di Pura Indra Prasta, Mutihan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/11/2017). Upacara Hari Raya Galungan tersebut merupakan perayaan hari kemenangan kebenaran (dharma) atas kejahatan (adharma).ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Umat Hindu memanjatkan doa saat mengikuti sembahyang perayaan hari raya Galungan di Pura Indra Prasta, Mutihan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/11/2017). Upacara Hari Raya Galungan tersebut merupakan perayaan hari kemenangan kebenaran (dharma) atas kejahatan (adharma).
Menurut Ida Bagus, hari ini merupakan puncak kemenangan bagi umat Hindu. Di hari kemenangan inilah, ungkap dia, umat Hindu dapat berbicara, berpikir baik dan benar.

"Intinya itu berbicara masalah Dharma. Dharma itu sumbernya dari Kitab Suci Weda. Kemudian keagungannya Dharma adalah jembatan untuk ke surga," katanya.

"Sedang pelaksanaannya Dharma itu adalah berpikir yang baik, berucap yang baik dan berbuat baik dan benar," tambahnya kemudian.

(Baca juga : Merayakan Galungan dan Kuningan di Wassenaar Belanda)

Ida Bagus berpesan kepada umat Hindu di Solo agar mengedepankan kebersamaan dan kearifan lokal di tengah kemajemukan sehingga dapat bersatu dan hidup berdampingan dengan seluruh warga.

"Tentu kita sebagai umat Hindu mengedepankan kebersamaan menjaga kearifan lokal sehingga kedepannya umat Hindu tetap menjunjung kebersamaan antar sesama umat beragama," katanya.

Berikut sejumlah foto perayaan Galungan dan Kuningan di Solo:

Umat Hindu Dharma di Solo merayakan hari Suci Galungan dan Kuningan di Pura Indra Prastha Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (1/11/2017) malam.KOMPAS.com/Labib Zmani Umat Hindu Dharma di Solo merayakan hari Suci Galungan dan Kuningan di Pura Indra Prastha Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (1/11/2017) malam.

 

Umat Hindu Dharma di Solo merayakan hari Suci Galungan dan Kuningan di Pura Indra Prastha Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (1/11/2017) malam.KOMPAS.com/Labib Zamani Umat Hindu Dharma di Solo merayakan hari Suci Galungan dan Kuningan di Pura Indra Prastha Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (1/11/2017) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com