Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Wagub Selalu Kalah dalam Pilkada

Kompas.com - 01/11/2017, 18:37 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA,  KOMPAS.com - Majunya Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di pilkada 2018 disebut memiliki tantangan besar. Salah satunya mematahkan mitos kekalahan wakil gubernur saat maju menjadi gubernur di beberapa daerah dalam pilkada.

Petrus Hariyanto, CEO Lembaga Konsultan Politik IT Research Politic Consultant (IPOL) menyebut, beberapa wakil gubernur yang kalah dalam pilkada antara lain, Rano Karno di Pilkada Banten, Muallem di Pilkada Aceh, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada DKI, dan Rustam Efendi di Pilkada Bangka Belitung.

"Ini tantangan bagi Gus Ipul, bagaimana bisa mematahkan mitos dan bahwa wagub selalu kalah dalam pilkada," katanya kepada wartawan di Surabaya, Rabu (1/11/2017).

Khofifah Indar Parawansah, calon lawan Gus Ipul kata Petrus juga dibayangi mitos, yakni selalu kalah 2 kali maju Pilkada Jatim, yakni pilkada 2008 dan 2014. "Karena itu jika kedua figur ini kembali bertarung di Pilkada Jatim, dipastikan akan panas, karena saling berusaha memecahkan mitos," ucapnya.

Baca juga : Soekarwo Pastikan Demokrat Usung Khofifah di Pilkada Jatim

Gus Ipul di Pilkada Jatim 2018 akan berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas yang saat ini berstatus Bupati Banyuwangi. Sementara Khofifah Indar Parawansah sampai saat ini belum menemukan pasangan cawagub, namun Menteri Sosial ini akan diusung oleh Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat.

Kompas TV Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat akan menghadap Presiden Joko Widodo, untuk menyatakan niatnya maju di Pilkada Jatim 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com