Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon dan 2 Sekolah Rusak akibat Gempa

Kompas.com - 01/11/2017, 13:23 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com — Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon mengalami kerusakan akibat gempa beruntun yang mengguncang wilayah Kota Ambon dan sekitarnya pada Selasa (31/10/2017) malam.

Kerusakan terjadi pada bagian plafon sejumlah ruangan di kampus tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon Enrico Matitaputty mengatakan, dari laporan yang diterimanya, plafon di sejumlah ruangan yang ada di kampus itu ambruk akibat gempa.

”Plafon ruangan di Fakultas Kedokteran Unpatti rusak dan ambruk,” kata Enrico saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

(Baca juga: Setelah gempa Ambon, Pusat Perbelanjaan MCM Belum Beroperasi)

Selain plafon yang ambruk, dinding sejumlah ruangan di kampus tersebut juga retak. ”Dinding beberapa ruangan kampus juga retak,” ujarnya.

Pasca-gempa yang mengguncnag kota Ambon, pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM) hingga Rabu siang (1/11/2017) masih tutup.. Tampak  petugas melarang sejumlah warga untuk memasuki mall tersebut Foto Kompas.com/Rahmat Rahman PattyKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Pasca-gempa yang mengguncnag kota Ambon, pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM) hingga Rabu siang (1/11/2017) masih tutup.. Tampak petugas melarang sejumlah warga untuk memasuki mall tersebut Foto Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
Tidak hanya di Fakultas Kedokteran Unpatti, dua fasilitas pendidikan di SD Negeri 2 di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, dan sebuah SLB di kawasan Tanah Rata, Kecamatan Sirimau, mengalami kerusakan.

”SD Negeri 2 Ambon di Poka dan SLB juga mengalami kerusakan. Plafonnya juga ambruk,” katanya.

Saat ini pihaknya terus mendata untuk memastikan dampak kerusakan dari gempa. ”Untuk sementara baru itu yang saya dapat. Nanti akan saya sampaikan lagi karena petugas masih mendata di lapangan,” ucapnya.

(Baca juga : Takut Gempa Susulan, Warga Kota Ambon Pilih Tidur di Lapangan Bola)

Dari pantauan Kompas.com, sejumlah plafon di beberapa ruangan kampus Unpatti rusak dan ambruk. Namun, petugas pengamanan kampus melarang pengambilan gambar di kampus itu.

Gempa beruntun sebanyak lima kali dengan magnitudo bervariasi mulai dari 4 sampai 6,2 yang mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya menyebabkan kerusakan pada fasilitas publik di Kota Ambon, seperti Bandara Pattimura dan pusat perbelanjaan Maluku City Mall.

Gempa itu juga menyebabkan warga yang panik langsung berhamburan dari rumah mereka. Bahkan, banyak warga yang memilih tidur di lapangan atau rumah ibadah karena takut gempa susulan. 

Kompas TV Setidaknya terjadi lima kali gempa pada Selasa (31/10) malam. Rata-rata gempa bermagnitudo 5.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com