Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Abang Becak Penarik Tamu Pernikahan Kahiyang-Boby Diperiksa Kesehatan

Kompas.com - 01/11/2017, 13:03 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Para abang becak pengangkut tamu undangan pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mengikuti pemeriksaan kesehatan di ruang rapat Dinas Perhubungan Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/11/2017). Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Solo.

Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Solo, Setiowati, menjelaskan, pemeriksaan tersebut untuk mengetahui sejak dini kondisi kesehatan para abang becak.

Ada 50 pengayuh becak di Solo yang mengikuti tes kesehatannya tersebut. Mereka merupakan pengangkut tamu pernikahan Kahiyang dan Bobby pada 8 November 2017.

"Ini pemeriksaan awal sebelum hari H. Meskipun nanti tahap kedua menjelang hari H tetap akan ada pemeriksaan kembali kondisi kesehatan mereka," jelas Setiowati.

Pemeriksaan tahap awal ini, kata Setiowati, meliputi pemeriksaan fisik, tensi dan pengecekan gula darah. Dari hasil pemeriksaan awal ini, apabila ada beberapa abang becak yang terpaksa harus mendapatkan perawatan, maka mereka akan dirujuk ke puskesmas. Namun apabila di puskesmas mereka tidak bisa, kata Setiowati, akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Belum tentu yang tidak lolos tahap pertama mereka tidak bisa ikut menarik tamu undangan pernikahan Kahiyang dan Bobby. Karena masih ada satu minggu untuk memperbaiki kondisi kesehatannya dan pemeriksaan tahap kedua," paparnya.

Baca juga : Cerita Mintorogo, Perajin Suvenir untuk Pernikahan Kahiyang-Boby

Dalam pemeriksaan kesehatan ini, pihaknya melibatkan tiga orang dokter dibantu tenaga keperawatan, analis dan tenaga farmasi.

Seorang tukang becak yang ikut tes kesehatan, Wagimin (45), mengaku, baru pertama kali mengikuti tes kesehatan tersebut. Hasil dari pemeriksaan itu, warga Desa Pulutan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, dinyatakan sehat.

"Ya, tadi dikasih tahu sama dokter hasilnya normal. Besok diminta untuk ikut tes kesehatan tahap kedua," ungkap tukang becak yang biasa mangkal di Sami Luwes Ngapeman.

Wagimin mengungkapkan, pernah dilibatkan mengangkut tamu undangan pada pernikahan anak pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tahun 2017. Oleh karena itu, untuk pernikahan putri kedua Presiden Jokowi tersebut, dirinya tidak ada persiapan khusus.

Kompas TV Tiga Berita Terpopuler 31 Oktober 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com