Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tjahjo Kumolo: 60 Persen TKI di Malaysia Belum Miliki Kartu Identitas

Kompas.com - 31/10/2017, 19:08 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hingga kini, masih banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang belum memiliki kartu identitas. Karenanya, Kementerian Dalam Negeri berupaya jemput bola dan bekerja sama dengan Departemen Luar Negeri (Deplu).

"TKI-TKI kita banyak yang belum memiliki kartu identitas," ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (31/10/2017).

Tjahjo mengungkapkan, TKI yang tidak memiliki kartu identitas terdapat di beberapa negara seperti di Malaysia, Hongkong, Taiwan, dan Arab Saudi.

"Yang di Malaysia, hampir 60 persen tidak punya kartu identitas. Padahal kalau tidak punya E-KTP mereka tidak bisa ikut nyoblos," tegasnya.

(Baca juga : Proses Perekaman E-KTP Ditargetkan Selesai Sebelum Pilkada 2018)

Terkait masih banyaknya TKI yang belum memiliki kartu identitas, Kementerian Dalam Negeri berupaya menjemput bola dan bekerja sama dengan Departemen Luar Negeri.

"Kami jemput bola kerja sama dengan Deplu karena target kami akhir tahun selesai. Kemarin satu minggu tim kami ke Saudi Arabia," tandasnya.

Tjahjo Kumolo meminta masyarakat yang belum merekam agar segera melakukan perekaman. Sebab sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman.

"3,4 persen dari total 184 juta belum merekam, tolong dong segera merekam. Sebab syarat untuk punya hak pilih di pileg dan pilpres itu harus punya E-KTP, dan syarat punya E-KTP harus merekam datanya dengan jujur," pungkasnya. 

Kompas TV Fraksi di komisi dua DPR telah menyampaikan pandangan akhirnya untuk menyetujui atau menolak Perppu nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com