Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 2 Triliun untuk Membangun Rel Kereta Api dari Maros ke Barru

Kompas.com - 28/10/2017, 00:06 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi pembangunan rel kereta api di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Jumat (27/10/2017).

Kunjungan Menteri Perhubungan RI ke Kabupaten Barru ini merupakan perintah dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

Budi mengatakan, program pembangunan rel kereta api ini berjalan lancar. Pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp 2 triliun untuk mendukung pembangunan rel dari Kabupaten Maros ke Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru.

"Pemerintah menyiapkan total dana Rp 2 triliun untuk kelancaran pembangunan ini. Rp 1,4 triliun untuk tahun ini, dan tahun depannya lagi kami siapkan Rp 600 miliar. Itu untuk pembangunan rel 47 kilometer dari Kabupaten Maros hingga ke Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru," jelas Budi.

Pelaksana tugas Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, kelanjutan pembangunan rel kereta api sedang berjalan. Beberapa wilayah di Barru kini dalam proses pembayaran pembebasan lahan. Penimbunan akses rel yang akan dilalui hingga kini juga masih berlangsung.

“Uji coba gerbong juga sudah dilakukan untuk pembebasan lahan juga lancar," kata Suardi Saleh.

Baca juga : Polisi Selidiki Dugaan Sabotase Jalur Kereta di Cilacap

Kompas TV Kereta api pengangkut semen terguling di kawasan Terminal Pauh Limo, Padang, Sumatera Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com