Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Kebakaran Hutan di Riau, Pesawat F-16 Diterjunkan

Kompas.com - 26/10/2017, 15:09 WIB
Citra Indriani

Penulis

PEKANBARU,KOMPAS.com - Pesawat tempur jenis F-16 melakukan pemantauan udara karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di sejumlah wilayah di Provinsi Riau. Hasil monitoring, ditemukan kebakaran di wilayah Kabupaten Kampar.

Pemantauan itu menggunakan pesawat tempur F-16 TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Temuan kebakaran pun langsung disampaikan ke Satgas Darat dan Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau.

"Kebakaran terdeteksi di wilayah Kecamatan Tambang," ucap Komandan Skadron (Danskadron) 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Letkol Nur Alimi Kamis (26/10/2017).

Pemadaman pun langsung dilakukan melalui water bombing (bom air) dan pemadaman darat melalui tim dari TNI, Polri, BPBD, dan maggala agni.

Baca juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut di Aceh Sulit Dipadamkan

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI , Age Wiraksono mengatakan, pengerahan pesawat tempur untuk membantu monitoring kebakaran hutan dan lahan merupakan intruksi dari pimpinan.

Selain melakukan latihan tempur, pesawat tempur F-16 dari Skadron 16 juga selalu siap bila diminta melakukan operasi membantu penanggulangan bencana.

"Ini merupakan intruksi dari Bapak KASAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal Hadi Tjahjanto agar kita selalu melaksanakan upaya untuk mencegah kebakaran di Riau, salah satunya dengan melakukan pemantauan dari udara," sebut dia.

Kompas TV Hutan Gunung Guntur di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogongkaler, Kabupaten Garut, terbakar. Diduga, kebakaran terjadi karena kemarau panjang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com