Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurita Berkepala Mirip Wajah Manusia Ditemukan Warga di Pulau Seram

Kompas.com - 25/10/2017, 16:11 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Warga Dusun Tanah Goyang, Desa Loki, Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, digegerkan dengan penemuan seekor gurita dengan fisik yang unik di dusun tersebut, Rabu (25/10/2017).

Gurita langka dengan bentuk kepalanya yang disebut mirip wajah manusia itu ditemukan pertama kali oleh seorang warga setempat bernama Sehat Solito (45) saat pergi ke tepian pantai di dusun tersebut.

Karena merasa takjub, ibu rumah tangga ini lalu mengambil hewan laut tersebut dan membawa pulang gurita itu ke rumahnya. Di rumahnya, gurita tersebut lalu ditaruh di sebuah baki berisi air asin.

“Beta (saya) temukan gurita ini sekitar pukul 10.30 WIT tadi di tepi pantai,” kata Sehat saat dihubungi, Rabu siang.

(Baca juga: Baca juga : Terekam Kamera, Anjing Laut Bertarung Melawan Gurita)

Kepada warga yang berdatangan ke rumahnya, Sehat mengaku bahwa gurita tersebut adalah keluarganya, namun dia tidak menjelaskan secara rinci hubungannya dengan gurita itu.

”Gurita ini masih keluarga saya, nanti sebentar sore saya akan bikin adat dan melepaskannya kembali ke laut,” ujarnya.

Penemuan tersebut sontak menggegerkan warga seisi dusun tersebut. Mereka yang penasaran dengan penemuan itu lalu berdatangan ke Rumah Sehat untuk menyaksikan secara dekat gurita tersebut. Hingga saat ini, warga masih terus berdatangan ke Rumah Sehat.

“Warga masih terus berdatangan karena penasaran dengan penemuan gurita itu,” kata salah satu tokoh masyarakat dusun, Fadli Bufakar, saat dihubungi secara terpisah.

Dia membenarkan bahwa bentuk fisik gurita yang ditemukan itu berbeda dengan gurita pada umumnya sebab gurita yang ditemukan itu memiliki bentuk kepala yang sangat unik seperti wajah manusia.

“Gurita ini punya mata dan semcam telinga juga benjolan seperti hidung dan kalau dilihat sepintas mirip seperti wajah manusia,” katanya.

 

Kompas TV Seru, Kamu Bisa Ikut Berburu Gurita di Pulau Ini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com